TITIS INDAH PRAYOGI, 17206163004 (2022) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK di RA MA’DINUL ULUM CAMPURDARAT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (788kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (512kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (277kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (325kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (632kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (793kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
BAB V.pdf Download (512kB) |
||
|
Text
BAB VI.pdf Download (272kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (89kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru Dalam Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Anak di RA Ma’dinul Ulum Campurdarat Tulungagung” ditulis oleh Titis Indah Prayogi, Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini, NIM. 17206163004, Dosen pembimbing Mirna Wahyu Agustina,. M.Psi. Kata kunci : Strategi Guru, Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini Kecerdasan interpersonal pada anak dinilai penting untuk dikembangkan sejak berusia dini. Karena usia dini tersebut masa yang kritis untuk meningkatkan keterampilan sosial dan emosionalnya anak. Namun seringkali di lembaga pendidikan kecerdasan interpersonal luput dari perhatian, yang disebabkan oleh faktor pembelajaran hanya memfokuskan pada bidang akademisnya saja seperti : membaca, menulis, dan berhitung. Mengingat anak merupakan investasi bangsa dan orang tua, apabila kecerdasan interpersonal anak tidak distimulus dan dilatih pada aspek perkembangannya dapat memicu perilaku kurang peka untuk berempati, terjadinya bullying antar teman, dsb. Mengacu dari permasalahan tersebutlah yang melatar belakangi peneliti tertarik agar mengkaji lebih dalam terhadap strategi yang digunakan guru untuk meningkatkan kecerdasan interpersonal anak. Sehingga skripsi ini akan membahas tentang “Strategi Guru Dalam Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Anak di RA Ma’dinul Ulum Campurdarat Tulungagung”. Fokus penelitian dalam skripsi yaitu: (1) Bagaimana strategi guru dalam meningkatkan kecerdasan interpersonal anak pada kemampuan bekerjasama, di RA Ma’dinul Ulum Campurdarat Tulungagung ?, (2) Bagaimana strategi guru dalam meningkatkan kecerdasan interpersonal anak pada kemampuan berempati, di RA Ma’dinul Ulum Campurdarat Tulungagung ?, (3) Bagaimana strategi guru dalam meningkatkan kecerdasan interpersonal anak pada kemampuan berteman atau menjalin kontak, di RA Ma’dinul Ulum Campurdarat Tulungagung ?. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif. Sedangkan tehnik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, serta dokumentasi. Tehnik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, verifikasi atau penarikan kesimpulan. Untuk memeriksa keabsahan temuan digunakan : (1) Perpanjangan keikutsertaan, (2) Trianggulasi, (3) Ketekunan pengamatan, (4) Dan pemerikasaan dengan teman sejawat melalui diskusi. Hasil dari penelitian skripsi ini yaitu : (1) Strategi guru dalam meningkatkan kecerdasan interpersonal anak pada kemampuan bekerjasama menggunakan metode bercerita, metode bermain, metode demonstrasi, metode kerja kelompok, serta metode pembiasaan, (2) Strategi guru dalam meningkatkan kecerdasan interpersonal anak pada kemampuan berempati menggunakan metode bercerita, metode berceramah, metode pembiasaan, metode contoh dan teladan, serta metode karya wisata, (3) Strategi guru dalam meingkatkan kecerdasan interpersonal anak pada kemampuan berteman atau menjalin kontak menggunakan metode pengelompokan anak, metode modelling, metode permainan kooperatif, serta metode belajar berbagi.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > PAUD Pendidikan > Pembiasaan Pendidikan > Pendidikan Anak Pendidikan > Pendidikan Karakter |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal |
Depositing User: | 17206163004 TITIS INDAH PRAYOGI |
Date Deposited: | 11 Jun 2022 06:32 |
Last Modified: | 11 Jun 2022 06:32 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26112 |
Actions (login required)
View Item |