ENYNUR AFNI ELFIANA, 12205183165 (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW TERHADAP MINAT BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK KELAS III DI MI WAHID HASYIM BAKUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (216kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (72kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (235kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (358kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (343kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Download (423kB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (174kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (57kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (151kB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Penerapan Pembelajaran Jigsaw terhadap Minat Belajar dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas III di MI Wahid Hasyim Bakung” Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, ini ditulis oleh Enynur Afni Elfiana, NIM 12205183165, Pembimbing Dr. Khoirul Anam, M.Pd.I Kata Kunci: Pembelajaran Jigsaw, Minat belajar, Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya minat dan penerapan model pembelajaran dalam proses belajar mengajar. Untuk meningkatkan minat belajar dan hasil belajar maka seorang guru dapat menerapkan model pembelajaran yang menarik dan menyenangkan. Penerapan model pembelajaran yang menarik diharapkan dapat mengurangi kebosanan siswa pada saat pembelajaran serta membangkitkan semangat minat belajar dan meningkatkan hasil belajar siswa. berdasarkan latar belakang tersebut penulis ingin menerapkan pengaruh pembelajaran jigsaw terhadap minat belajar dan hasil belajar siswa di MI Wahid Hasyim Bakung. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Apakah ada pengaruh model pembelajaran jigsaw terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas III di MI Wahid Hasyim Bakung? (2) Apakah ada pengaruh model pembelajaran jigsaw terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas III di MI Wahid Hasyim Bakung? (3) Apakah ada pengaruh model pembelajaran jigsaw terhadap minat belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas III di MI Wahid Hasyim Bakung? Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk membuktikan pengaruh model pembelajaran jigsaw terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak kelas III di MI Wahid Hasyim Bakung. 2) Untuk membuktikan pengaruh model pembelajaran jigsaw terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak kelas III di MI Wahid Hasyim Bakung. 3) Untuk membuktikan pengaruh model pembelajaran jigsaw terhadap minat belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak kelas III di MI Wahid Hasyim Bakung. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasy experiment. Teknik sampling merupakan purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 4 yang berjumlah 25 dan 2 guru yang mengajar di kelas 4 MI Wahid Hasyim Bakung. Sampel yang digunakan adalah siswa dan guru kelas III A dan III B. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji coba instrument meliputi uji validitas dan reliabilitas.Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket dan tes hasil belajar. Teknik analisis data menggunakan Uji T Independen, yang sebelumnya diuji prasyarat normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran jigsaw terhadap minat belajar siswa diperoleh nilai significan Sig. (2-tailed) sebesar 0,017 dengan nilai t hitung 2,484 > nilai t tabel 2,069. Sehingga nilai signifikan < 0,05 dan t hitung > t tabel. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran jigsaw terhadap hasil belajar siswa diperoleh Sig.(2-tailed) sebesar 0,002 dengan t hitung 3,310 nilai t tabel 2,069. Sehingga nilai signifikan < 0,05 dan t hitung > t tabel. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran jigsaw terhadap minat belajar dan hasil belajar hasil uji Pillai’s Trace dan Wilks’ Lambda menunjukkan angka signifikan 0,001 dan 0,001. Sehingga nilai signifikan < 0,05.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Hasil Belajar Pendidikan > Metode Pembelajaran Pendidikan > Minat Belajar Pendidikan > Peserta Didik |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205183165 ENYNUR AFNI ELFIANA |
Date Deposited: | 17 Jun 2022 08:48 |
Last Modified: | 17 Jun 2022 08:48 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26245 |
Actions (login required)
View Item |