ISTIQOMAH, 12207183032 (2022) PERAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA TENAGA PENDIDIK DI MTsN 1 TRENGGALEK. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (387kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (498kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (273kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (547kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (520kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (448kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Download (552kB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (465kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (207kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (427kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peran Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kinerja Tenaga Pendidik di MTsN 1 Trenggalek” di tulis oleh Istiqomah, NIM 12207183032, pembimbing Dr. Hj. Indah Komsiyah, S. Ag., M. Pd. Kata Kunci: Peran Kepala Madrasah, Kinerja Tenaga Pendidik Keberhasilan pendidikan di madrasah sangat ditentukan oleh keberhasilan kepala madrasah dalam menjalankan perannya sebagai pemimpin dengan baik, yaitu mampu mengelola tenaga pendidik dan elemen-elemen lainnya. Dalam menentukan kualitas pendidikan kepala madrasah harus mampu meningkatkan kinerja tenaga pendidik untuk melakukan kinerjanya secara sungguh-sungguh dan bertanggung jawab. Tenaga pendidik harus mampu memperbaiki kinerjanya agar menciptakan kualitas pembelajaran yang baik, efektif, efisien sesuai dengan tujuan pendidikan yang telah ditentukan. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah: (1) Bagaimana bentuk peran kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja tenaga pendidik di MTsN 1 Trenggalek? (2) Bagaimana faktor-faktor yang mempengaruhi kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja tenaga pendidik di MTsN 1 Trenggalek? (3) Bagaimana dampak peran kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja tenaga pendidik di MTsN 1 Trenggalek? Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mendiskripsikan bentuk peran kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja tenaga pendidik di MTsN 1 Trenggalek. (2) Untuk mendiskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja tenaga pendidik di MTsN 1 Trenggalek (3) Untuk mendiskripsikan dampak peran kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja tenaga pendidik di MTsN 1 Trenggalek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis data deskriptif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis data kualitatif dengan alur reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini meliputi: (1) Bentuk peran kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja tenaga pendidik di MTsN 1 Trenggalek yakni: a) Sebagai manager kepala madrasah sangat berperan dalam kemajuan-kemajuan madrasah, mengikutsertakan tenaga pendidik dalam kegiatan pelatihan baik secara online maupun offline, memberikan bimbingan dan pembinaan dalam penyelenggaraan kegiatan mengajarnya, memiliki hubungan yang baik dan rukun dengan semua warga madrasah. b) Sebagai supervisor kepala madrasah melakukan supervisi administratif mengenai RPP, silabus dan penilaian, kepala madrasah melakukansupervisi dengan teknik individual melalui kunjungan kelas, sedangkan teknik kelompok dilakukan pada saat rapat koordinasi. c) Sebagai motivator kepala madrasah selalu memberikan motivasi kepada setiap pendidik baik secara individu maupun bersama-sama, memberikan reward pujian dan penghargaan terhadap pendidik agar mempertahankan prestasinya. (2) Faktor-faktor yang mempengaruhi kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja tenaga pendidik salah satunya adanya faktor pendukung seperti kemampuan kepala madrasah dalam memimpin tenaga pendidik untuk mengembangkan kinerjanya, adanya sarana dan prasarana yang terpenuhi serta antusiasme dan semangat pendidik. Sedangkan faktor penghambatnya masih adanya sebagian tenaga pendidik yang belum mahir dalam mengoperasikan IT(3) Dampak peran kepala madrasah dalam menigkatkan kinerja tenaga pendidik sebagai berikut a) Adanya peningkatan kualitas kinerja pendidik b) Pendidik lebih paham mengenai pembuatan rencana perangkat pembelajaran c) Guru berusaha semakin disiplin d) Adanya kegiatan pelatihan dapat menambah wawasan pengetahuan dan keterampilan e) Adanya motivasi dan reward guru lebih tepat waktu dalam menjalankan kinerjanya.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ekonomi > Kinerja Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | 12207183032 ISTIQOMAH |
Date Deposited: | 17 Jun 2022 13:18 |
Last Modified: | 17 Jun 2022 13:18 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26259 |
Actions (login required)
View Item |