SUPERVISI KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA TENAGA KEPENDIDIKAN DI MTS NEGERI 5 KEDIRI

MAYA PUJI ASTUTIK, 12207183056 (2022) SUPERVISI KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA TENAGA KEPENDIDIKAN DI MTS NEGERI 5 KEDIRI. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (611kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (211kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (154kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (270kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (371kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (541kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (103kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (128kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Supervisi Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kinerja Tenaga Kependidikan di MTs Negeri 5 Kediri”, ditulis oleh Maya Puji Astutik, NIM.12207183056 ,Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan UIN Sayyid Ali Rahmatullah, Pembimbing Moh. Mashudi, M.Pd.I. Kata kunci: supervisi, kepala madrasah, kinerja tenaga kependidikan Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya fakta lapangan kondisi realita menunjukan kinerja tenaga kependidikan belum mendapatkan perhatian dari kepala sekolah/madrasah sehingga kinerja yang diberikan kurang maksimal. Kurang maksimalnya kinerja tenaga kependidikan mempengaruhi kualitas layanan, terhambatnya pengelolaan lembaga pendidikan dan juga kurang maksimalnya kualitas lembaga pendidikan. Maka dari itu diperlukan adanya supervisi kepala sekolah/madrasah dalam memenuhi tugasnya sebagai supervisor dalam meningkatkan kinerja tenaga kependidikan. Fokus penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui perencanaan supervisi kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja tenaga kependidikan di MTs Negeri 5 Kediri, 2) Untuk mengetahui pelaksanaan supervisi kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja tenaga kependidikan di MTs Negeri 5 Kediri, 3) Untuk mengetahui evaluasi supervisi kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja tenaga kependidikan di MTs Negeri 5 Kediri. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan dengan mengambil latar supervisi kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja tenaga kependidikan di MTs Negeri 5 Kediri. Sumber data yang diambil dari kepala madrasah, wakil kepala madrasah bidang kurikulum, kepala tata usaha dan staff tata usaha. Pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan datanya meliputi triangulasi, peningkatan ketekunan. Hasil penelitian yaitu: 1) perencanaan supervisi kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja tenaga kependidikan: pertama kepala madrasah meyusun tujuan dan indikator supervisi tenaga kependidikan yang ingin dicapai. Kedua kepala madrasah dan tim supervisi membuat program supervisi berupa program kerja yang didalamnya terdapat program tahunan dan program semester, ketiga menentukan jadwal dan sasaran supervisi tenaga kependidikan, keempat menentukan pendekatan dan teknik supervisi yang sesuai dengan kondisi tenaga kependidikan dengan berpegang pada prinsip supervisi, kelima kepala madrasah dibantu tim supervisi merumuskan instrumen supervisi sesuai dengan tugas pokok dan fungsi tiap tenaga kependidikan, keenam perencanaan supervisi disusun secara sistematis dan sesuai dengan peraturan yang berlaku. 2) pelaksanaan supervisi kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja tenaga kependidikan sebagai berikut: pertama kepala madrasah meminta tenaga kependidikan menjelaskan hasil kinerja yang telah dilakukan tenaga kependidikan, kedua tim supervisi melakukan pengamatan secara langsung dan membangun komunikasi yang baik dengan tenaga kependidikan, ketiga mengkonfirmasi hasil kinerja dan pengamatan langsung kemudian menulis catatan supervisi dalam bentuk laporan, keempat kepala madrasah menyampaian hasil supervisi tenaga kependidikan dalama rapat atau pembinaan yang diadakan. 3) evaluasi supervisi kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja tenaga kependidikan sebagai berikut : tujuan evaluasi supervisi kepala madrasah untuk melihat sejauh mana program supervisi berjalan dalam mencapai tujuan, dari evaluasi diperoleh bahan sebagai dasar untuk supervisi selanjutnya, mengetahui kendala yang sering dialami oleh tenaga kependidikan, mengetahui kendala yang sering dialami oleh tenaga kependidikan, menentukan program perbaikan kinerja yang sesuai untuk tenaga kependidikan, umapan balik yang diperoleh dari supervisi yang dilakukan yakni peningkatan kinerja dan pelayanan tenaga kependidikan serta peningkatan pengelolaan lembaga pendidikan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: MAYA 12207183056 MAYA PUJI ASTUTIK
Date Deposited: 23 Jun 2022 06:35
Last Modified: 23 Jun 2022 06:35
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26266

Actions (login required)

View Item View Item