MAYA DEWI ANGGRAENI, 12211183011 (2022) IDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA MENGGUNAKAN TES DIAGNOSTIK FOUR-TIER PADA SUB-KONSEP TERMODINAMIKA DI SMAN 1 REJOTANGAN KABUPATEN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (498kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (8kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (262kB) |
||
|
Text
BAB II.pdf Download (251kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (199kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (676kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (871kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (26kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (132kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Identifikasi Miskonsepsi Siswa Menggunakan Tes Diagnostik Four-Tier Pada Sub-Konsep Termodinamika di SMAN 1 Rejotangan Kabupaten Tulungagung” ini ditulis oleh Maya Dewi Anggraeni, NIM. 12211183011, Progam Studi Tadris Fisika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung dengan dosen pembimbing Husni Cahyadi Kurniawan, M.Si. Kata Kunci: Miskonsepsi, Tes diagnostik four-tier, Termodinamika. Penelitian ini dilatar belakangi oleh siswa yang masih belum bisa memahami konsep fisika dengan baik. Salah satu faktor yang membuat siswa kesulitan memahami konsep fisika dengan baik adalah adanya kesalahan prakonsepsi yang dibentuk siswa sehingga menyebabkan terjadinya miskonsepsi. Oleh karena itu miskonsepsi menjadi subjek yang perlu diperhatikan guna meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep fisika. Miskonsepsi pada mata pelajar fisika dapat terjadi pada berbagai konsep salah satunya konsep termodinamika karena konsep termodinamika abstrak namun sangat erat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari sehingga sangat besar kemungkinan siswa memiliki prakonsepsi sebelum menerima penjelasan dari guru. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui besar presentase miskonsepsi siswa (2) Untuk mendeskripsikan apa saja miskonsepsi siswa yang teridentifikasi (3) Untuk mengetahui penyebab miskonsepsi yang dialami siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode kualitatif. Pemilihan subjek pada penelitian ini didasarkan pada teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi tes diagnostik four-tier yang sudah divalidasi oleh ahli dan secara empiris, serta wawancara. Hasil tes diagnostik kemudian dianalisis berdasarkan 16 kombinasi jawaban tes diagnostik four-tier. Hasil dari penelitian ini menunjukkan jika miskonsepsi terjadi pada setiap sub-konsep termodinamika yang diteliti dengan rata-rata presentase miskonsepsinya sebesar 40,55%. Miskonsepsi tertinggi terjadi pada sub-konsep hukum II termodinamika sebesar 47,87%, kemudian presentase miskonsepsi tertinggi kedua terjadi pada sub-konsep hukum I termodinamika sebesar 39,34%, dan presentase miskonsepsi terendah terjadi pada sub-konsep siklus carnot sebesar 34,43%. Kemudian ditemukan juga beberapa miskonsepsi yang teridentifikasi pada setiap sub-konsep termodinamika diantaranya : siswa menganggap bahwa usaha (W) pada sistem termodinamika merupakan besaran skalar atau besaran yang selalu bernilai positif dan tidak bergantung pada keadaan sistem, siswa menganggap bahwa kalor mengalir secara alami dari benda yang bersuhu panas ke benda yang bersuhu dingin dan sebaliknya, siswa mengganggap bahwa persamaan usaha pada semua proses termodinamika adalah sama, dan yang terakhir siswa menganggap bahwa usaha yang dilakukan oleh siklus carnot berbanding lurus dengan kalor yang diserap sistem dari reservoir suhu rendah. Selain miskonsepsi didapatkan juga 6 faktor yang penyebabkan miskonsepsi pada siswa yaitu kurangnya minat siswa, kurangnya pemahaman pada materi sebelumnya, prakonsepsi, rendahnya kemampuan siswa, buku yang digunakan, dan metode pembelajaran yang diterapkan guru.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas Fisika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika |
Depositing User: | 12211183011 MAYA DEWI ANGGRAENI |
Date Deposited: | 23 Jun 2022 07:31 |
Last Modified: | 23 Jun 2022 07:31 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26322 |
Actions (login required)
View Item |