PENGARUH METODE PEMBELAJARAN GALLERY WALK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) DI MI AL-HUDA BADAS KEDIRI

RIMA NARIYAH, 12205183083 (2022) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN GALLERY WALK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) DI MI AL-HUDA BADAS KEDIRI. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (730kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK .pdf

Download (560kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (585kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (729kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (644kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (572kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (469kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (643kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Metode Pembelajaran Gallery Walk Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Di MI Al – Huda Badas Kediri” ini ditulis oleh RIMA NARIYAH, NIM. 12205183083, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah (UIN SATU) Tulungagung yang dibimbing oleh ibu Prof. Dr. Hj. Binti Maunah, M.Pd.I. Kata Kunci: Metode Pembelajaran Gallery Walk, Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan metode pembelajaran yang belum bervariasi, karena sebagian besar guru masih mengajar dengan menerapkan metode pembelajaran konvensional. Sehingga proses belajar mengajar di dalam kelas masih berpusat pada guru, dan hal tersebut mengakibatkan banyaknya siswa merasa kurang termotivasi, kurang semangat dan kurang aktifnya dalam mengikuti proses pembelajaran. Hal tersebut membuat peneliti melakukan eksperimen pembelajaran dengan menggunakan metode gallery walk untuk mengetahui pengaruhnya terhadap hasil belajar siswa. Untuk mengetahui hal tersebut, peneliti merumuskan masalah penelitian sebagai berikut: 1) Adakah pengaruh metode pembelajaran gallery walk terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas VI pada mata pelajaran IPA di MI Al – Huda Badas Kediri? 2) Adakah pengaruh metode pembelajaran gallery walk terhadap hasil belajar afektif siswa kelas VI pada mata pelajaran IPA di MI Al – Huda Badas Kediri? 3) Adakah pengaruh metode pembelajaran gallery walk terhadap hasil belajar psikomotorik siswa kelas VI pada mata pelajaran IPA di MI Al – Huda Badas Kediri? Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu tipe Pretest-Posttest Non-Equivalent Control Group Design. Sampling penelitian ini menggunakan teknik nonprobability sampling dengan jenis purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI-A dan VI-B di MI Al-Huda Badas Kediri yang berjumlah 60 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, angket, tes, dan unjuk kerja. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data kuantitatif, dengan menggunakan analisis statistik deskriptif, yang meliputi: uji coba instrumen penelitian dengan menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas, uji prasyarat dengan menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan menggunakan uji t-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara metode pembelajaran gallery walk terhadap hasil belajar kognitif dengan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000, karena nilai sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara metode gallery walk terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas VI-A pada mata pelajaran IPA di MI Al-Huda Badas Kediri. Sedangkan untuk besar pengaruhnya adalah sebesar 5%, 2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara metode gallery walk terhadap hasil belajar afektif dengan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000, karena nilai sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara metode gallery walk terhadap hasil belajar afektif siswa kelas VI-A pada mata pelajaran IPA di MI Al-Huda Badas Kediri. Sedangkan untuk besar pengaruhnya adalah sebesar 5%, 3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara metode gallery walk terhadap hasil belajar psikomotorik dengan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000, karena nilai sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara metode gallery walk terhadap hasil belajar psikomotorik siswa kelas VI-A pada mata pelajaran IPA di MI Al-Huda Badas Kediri. Sedangkan untuk besar pengaruhnya adalah sebesar 5%.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205183083 RIMA NARIYAH
Date Deposited: 23 Jun 2022 03:54
Last Modified: 23 Jun 2022 03:54
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26328

Actions (login required)

View Item View Item