NADIA MARSHALITHA, 12205183264 (2022) PERAN GURU DALAM MENGOPTIMALKAN PROSES PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS II DI MI PLUS AL ISTIGHOTsAH PANGGUNGREJO TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (236kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (77kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (237kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (323kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (118kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Download (869kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (278kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (52kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (186kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Nadia Marshalitha, NIM. 12205183264. “Peran Guru dalam Mengoptimalkan Proses Pembelajaran untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas II di MI Plus Al Istighotsah Panggungrejo Tulungagung”. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI). Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Drs. H. Timbul, M.Pd.I. Kata Kunci: Peran Guru, Proses Pembelajaran, Minat Belajar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah aduan atau keluhan orang tua dan siswa dalam memperoleh ilmu pengetahuan dan pemahaman saat proses pembelajaran yang kurang berkesan sehingga membuat minat belajar siswa yang kurang meningkat. Karena tidak semua siswa memiliki minat belajar yang sama, ada kalanya minat belajar yang baik atau tinggi ada kalanya yang rendah, ditambah lagi adanya perubahan proses pembelajaran dari daring ke luring. Oleh karena itu, peneliti menghubungkan minat belajar siswa dengan peran seorang guru kelas II di MI Plus Al Istighotsah Panggungrejo Tulungagung di mana peran seorang guru dalam kelas dapat membawa pengaruh terhadap minat belajar siswa. Fokus penelitian dari skripsi ini yaitu : 1) Bagaimana tugas guru MI dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas II di MI Plus Al Istighotsah Panggungrejo Tulungagung?, 2) Bagaimana cara guru MI dalam mengoptimalkan minat belajar siswa kelas II di MI Plus Al Istighotsah Panggungrejo Tulungagung?, 3) Bagaimana hambatan yang dihadapi saat mengoptimalkan minat belajar siswa kelas II di MI plus Al Istighotsah Panggungrejo Tulungagung?. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, yang berlokasi di MI Plus Al Istighotsah Panggungrejo Tulungagung dengan sasaran siswa dan guru kelas II, siswa kelas II, dan kepala sekolah. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data yang dipakai adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa 1) Memberikan motivasi kepada siswa terkait pentingnya belajar, menjalankan perannya sebagai guru, dan membimbing peserta didik serta ikut serta pelatihan-pelatihan. 2) Caranya dengan memberikan fasilitas yang dibutuhkan siswanya, memberikan reward, dan melakukan komunikasi dengan orang tua siswa, menyiapkan komponen-komponen yang dapat menunjang proses pembelajaran. 3) Hambatan yang dihadapi guru yaitu Pertama dari siswanya sendiri, karena setiap siswa memiliki kecerdasan serta minat belajar yang berbeda-beda. Kedua dari orang tua, adanya latar belakang orang tua terkait keberagaman pekerjaan, ekonomi dan lain sebagainya. Ketiga dari lingkungan, adanya lingkungan yang berbeda pada setiap siswa baik lingkungan sekolah, rumah dan masyarakat itu dapat mempengaruhi minat belajar siswa.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Guru Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah Pendidikan > Minat Belajar Pendidikan > Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205183264 NADIA MARSHALITHA |
Date Deposited: | 24 Jun 2022 08:31 |
Last Modified: | 24 Jun 2022 08:31 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26444 |
Actions (login required)
View Item |