STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK DI SMAN 1 GONDANG TULUNGAGUNG

RISKA SHOLIKAH, 12201183269 (2022) STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK DI SMAN 1 GONDANG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (247kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (385kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (518kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (312kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (658kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (267kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (222kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (287kB)

Abstract

ABSTRAK Sripsi dengan judul “Strategi pembelajaran pendidikan agama islam dalam membentuk karakter peserta didik di SMAN 1 Gondang Tulungagung” ini ditulis oleh Riska Sholikah, NIM. 12201183269 Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Muhammad Sulthon Aziz, Lc., M.H, NIP. 198512122018011002 Kata Kunci: Strategi pembelajaran pendidikan agama islam, Karakter peserta didik Pemilihan strategi yang tetap tentunya akan mempunyai dampak yang besar bagi peserta didik, baik dampak pemahaman secara akademis maupun moralitas, Selain itu strategi guru dalam pembelajaran jika menarik akan membangkitkan semangat peserta didik untuk menyimak pembelajaran, ketidak pahaman peserta didik terhadap pelajaran agama juga bisa dikarenakan strategi guru kurang dalam menyampaikan materi pelajaran sehingga proses pengajaran tidak berjalan maksimal. Fokus penelitian dari penelitian ini adalah : (1) Bagaimana Strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter Religius peserta didik di SMAN 1 Gondang Tulungagung. (2) Bagaimana Strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter tanggungjawab peserta didik di SMAN 1 Gondang Tulungagung. (3) Bagaimana Strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter disiplin peserta didik di SMAN 1 Gondang Tulungagung. (4) Bagaimana Strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter toleransi peserta didik di SMAN 1 Gondang Tulungagung. Tujuan penelitian dari penelitian ini adalah : (1) Untuk mendeskripsikan Strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter Religius peserta didik di SMAN 1 Gondang tulungagung. (2) Untuk mendeskripsikan Strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter tanggungjawab peserta didik di SMAN 1 Gondang tulungagung. (3) Untuk mendeskripsikan Strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter disiplin peserta didik di SMAN 1 Gondang tulungagung. (4) Untuk mendeskripsikan Strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter toleransi peserta didik di SMAN 1 Gondang tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif karena data yang diperlukan bersifat data yang diambil langsung dari obyek penelitian tanpa memberikan perlakuan sedikitpun dari data yang terkumpul. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Strategi yang di lakukan untuk pembinaan karakter di sekolah ini dimulai dari pembiasaan kecil seperti dan yang paling di tekankan pada kepribadian mereka adalah relegius, jujur, dan disiplin, serta tangung jawab. (2) Pembentukan karakter tanggung jawab tentunya dapat dibentuk oleh guru melalui proses pembelejaran seperti strategi yang dilakukan di atas yaitu memberikan tugas yang harus dikerjakan peserta didik. (3) pembentukan karakter disiplin dapat dibentuk Melalui keteladanan, dimana seorang guru dianggap sebagai panutan atau contoh yang akan ditiru oleh muridnya. (4) pembentukan karakter toleransi di SMAN 1 Gondang menggunakan beberapa cara antara lain pembiasaan dan pengarahan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Peserta Didik
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201183269 RISKA SHOLIKAH
Date Deposited: 27 Jun 2022 07:13
Last Modified: 27 Jun 2022 07:13
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26529

Actions (login required)

View Item View Item