RIDWAN FAHMI FAUZI, 12201173353 (2021) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PAI DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA DI SMK ISLAM 1 DURENAN TRENGGALEK. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (321kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (135kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (314kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (362kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (277kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (565kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (249kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (229kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Implementasi Pembelajaran PAI dalam Pembentukan Karakter Religius Siswa SMK Islam 1 Durenan Trenggalek” ini ditulis oleh Ridwan Fahmi Fauzi NIM. 12201173353. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. Pembimbing: Suwanto, M.S.I. Kata Kunci: Pembelajaran PAI, Karakter Religius Siswa. Konteks dalam penelitian ini adalah pentingnya karakter religius pada siswa yang bertujuan untuk membentuk manusia yang berkarakter dan kepribadian islam, dengan demikian perlunya strategi guru melalui pembelajaran PAI dalam meningkatkan karakter religius siswa. SMK Islam 1 Durenan Trenggalek sebagai sekolah kejuruan berbasis keagamaan harus mampu memenuhi kebutuhan masyarakat akan pendidikan Islam. Salah satunya adalah pembentukan karakter religius pada siswa. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana desain pembelajaran PAI dalam membentuk karakter religius siswa di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek? (2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran PAI dalammembentuk karakter religius siswa di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek? (3) Bagaimana evaluasi pembelajaran PAI dalam membentuk karakter religius siswa di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan metode induktif dengan alur tahapan Reduksi data, Penyajian data (data display) dan menarik kesimpulan dan verifikasi. Dari hasil penelitian ini, penulis menyimpulkan: (1) Desain pembelajaran PAI dalam membentuk karakter religius siswa di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek yaitu: a) menyusun RPP yang di dalamnya memuat tentang pengaturan dan pengelolaan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan, dan b) mengadakan musyawarah antar guru PAI untuk menentukan jadwal pelaksanaan kegiatan keagamaan. (2) Pelaksanaan pembelajaran PAI dalam membentuk karakter religius siswa di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek dengan keteladanan, kedisiplinan, dan pembiasaan dalam aspek aqidah, ibadah, dan akhlak. (3) Evaluasi yang dilakukan guru dalam membentuk karakter religius pada mata pelajaran PAI di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek meliputi tiga ranah, yaitu a) ranah kognitif dengan memberikan tes atau pertanyaan lisan di kelas, pilihan ganda, dan isian singkat yang kemudian dimasukkan dalam jurnal penilaian guru. b) ranah afektif yaitu dengan melihat dari kesadaran dan keikutsertaan siswa dalam mengikuti kegiatan-kegiatan keagamaan yang telah diprogramkan. c) ranah psikomotorik yaitu melalui pengamatan langsung dari praktikum keagamaan baik di aula, lapangan, maupun di masjid sekolah.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pembelajaran Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12201173353 RIDWAN FAHMI FAUZI |
Date Deposited: | 28 Jun 2022 03:38 |
Last Modified: | 28 Jun 2022 03:39 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26553 |
Actions (login required)
View Item |