IMPLEMENTASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM MENINGKATKAN TOLERANSI PESERTA DIDIK DI SMAN 1 REJOTANGAN TULUNGAGUNG

FAJAR YOGI PRAYOGO, 12201183385 (2022) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM MENINGKATKAN TOLERANSI PESERTA DIDIK DI SMAN 1 REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (465kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (350kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (239kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (482kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (288kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (127kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (265kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Implementasi Pendidikan Multikultural dalam Meningkatkan Toleransi Peserta Didik Di SMAN 1 Rejotangan Tulungagung” ini ditulis oleh Fajar Yogi Prayogo, NIM. 12201183385, Pembimbing: Dr. Hj. Chusnul Chothimah, M. Ag. Kata Kunci : Implementasi, Pendidikan Multikultural, Toleransi Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya berbagai fenomena mengenai kurangnya penerapan sikap toleransi pada peserta didik. Di antaranya kurangnya rasa menghargai dalam menghadapi perbedaan agama, suku, budaya, ras ditengah kenyataan masyarakat yang sangat beranekaragam. Melalui penelitian ini, penulis berupaya untuk mengetahui implementasi pendidikan multikultural dalam meningkatkan toleransi yang dilakukan di Sekolah Menegah Atas Negeri 1 Rejotangan Tulungagung. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana kurikulum pendidikan multikultural dalam meningkatkan toleransi peserta didik di SMAN 1 Rejotangan Tulungagung? (2) Bagaimana penanaman pendidikan multikultural dalam meningkatkan toleransi peserta didik di SMAN 1 Rejotangan Tulungagung? (3) Bagaimana aktualisasi pendidikan multikultural dalam meningkatkan toleransi peserta didik di SMAN 1 Rejotangan Tulungagung? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitiannya adalah deskriptif. Sumber datanya yaitu dari waka kurikulum, guru dan siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun dalam pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi, ketekunan pengamatan dan menggunakan bahan referensi. Hasil dari penelitian ini adalah (1) kurikulum pendidikan multikultural dalam meningkatkan toleransi dilaksanakan dengan penggunaan kurikulum yang terintegrasi, yaitu kurikulum yang masuk di dalam kurikulum sekolah. Namun dalam pelaksanaannya sekolah menggunakan kurikulum terbatas atau kurikulum darurat di masa pandemi Covid-19. (2) Penanaman pendidikan multikultural dalam meningkatkan toleransi dilakukan secara implisit dan eksplisit. Prosesnya meliputi pengenalan pendidikan multikultural pada semua mata pelajaran, pemberian fasilitas keagamaan, serta penanaman pendidikan multikultural melalui praktek, pemberian doktrin dan pembiasaan-pembiasaan dalam kelas. (3) Aktualisasi pendidikan multikultural dalam meningkatkan toleransi dilakukan secara sistematis dan komprehensif. Dalam realisasinya meliputi kegiatan kebersamaan di dalam dan luar kelas, adanya agenda peringatan hari-hari besar, serta adanya perhatian langsung pendidik terkait multikulturalisme di sekolah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Skripsi 12201183385 Fajar Yogi Prayogo
Date Deposited: 29 Jun 2022 02:41
Last Modified: 29 Jun 2022 02:41
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26698

Actions (login required)

View Item View Item