Setiawan, Ibnu (2014) Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Alat Peraga Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Kubus Dan Balok Pada Siswa Kelas VIII. [ Skripsi ]
|
Text
A LAMPIRAN DEPAN.pdf Download (701kB) | Preview |
|
|
Text
B ISI SKRIPSI.pdf Download (798kB) | Preview |
|
|
Text
C LAMPIRAN BELAKANG.pdf Download (7MB) | Preview |
Abstract
Kata Kunci: Media Pembelajaran Alat Peraga, Hasil Belajar, Kubus Dan Balok. Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh adanya anggapan dari sebagian besar siswa bahwa matematika merupakan pelajaran yang sulit sehingga hasil belajar siswa untuk pelajaran matematika sebagian besar mengalami hasil yang kurang memuaskan. Ditambah lagi dengan beberapa konsep dalam materi pelajaran matematika yang menuntut peserta didik untuk mampu berfikir abstrak, diantaranya konsep materi kubus dan balok pada kelas VIII SMP/ MTs. Sehingga berangkat dari permasalahan tersebut penulis hendak mempermudah pemahaman siswa mengenai konsep kubus dan balok dengan mengubahnya dari konsep yang abstrak ke dalam konsep yang kongkrit melalui media pembelajaran alat peraga. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Apakah ada pengaruh penggunaan media pembelajaran alat peraga terhadap hasil belajar matematika materi kubus dan balok pada siswa kelas VIII MTsN Aryojeding?, 2) Seberapa besar pengaruh penggunaan media pembelajaran alat peraga terhadap hasil belajar matematika materi kubus dan balok pada siswa kelas VIII MTsN Aryojeding?. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran alat peraga terhadap hasil belajar matematika materi kubus dan balok pada siswa kelas VIII MTsN Aryojeding, 2) Untuk mengetahui besar pengaruh penggunaan media pembelajaran alat peraga terhadap hasil belajar matematika materi kubus dan balok pada siswa kelas VIII MTsN Aryojeding. Manfaat dari penelitian ini dapat memperlengkap proses pembelajaran sebagai sarana untuk meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada materi kubus dan balok. Pola penelitian yang digunakan yaitu eksperimen, variabel bebas (X) dalam penelitian ini adalah pengaruh penggunaan media pembelajaran alat peraga. Sedangkan variabel terikatnya (Y) adalah hasil belajar matematika pada siswa kelas VIII di MTsN Aryojeding. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII di MTsN Aryojeding yang berjumlah 323 siswa. Dalam pengambilan sampel digunakan teknik purposive sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 77 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Data yang diperoleh, diolah dengan teknik analisis t-test. Dari hasil penelitian (1) Ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan media pembelajaran alat peraga terhadap hasil belajar matematika materi kubus dan balok pada siswa kelas VIII MTsN Aryojeding. Hal ini bisa dilihat dari nilai uji t yang diperoleh dari perhitungan SPSS yaitu diperoleh nilai sig. 0,849 yang berarti nilai 0,849 > 0,05 sehingga menolak H0 dan menerima Ha. (2) Besar xvii pengaruh penggunaan media pembelajaran alat peraga terhadap hasil belajar matematika materi kubus dan balok pada siswa kelas VIII MTsN Aryojeding adalah 41,62 %.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Endang Rifngati S.Sos |
Date Deposited: | 02 Dec 2014 03:53 |
Last Modified: | 02 Dec 2014 03:53 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/269 |
Actions (login required)
View Item |