ANALISIS PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI LINGKARAN BERDASARKAN TEORI VAN HIELE DITINJAU DARI HASIL BELAJAR KELAS VIII-A SMP NEGERI 3 DONGKO TRENGGALEK SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2014/2015

HUSNIYAH, IVADA JAMIATUL (2015) ANALISIS PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI LINGKARAN BERDASARKAN TEORI VAN HIELE DITINJAU DARI HASIL BELAJAR KELAS VIII-A SMP NEGERI 3 DONGKO TRENGGALEK SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2014/2015. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
1. Sampul Skripsi.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Abstrak.pdf

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (701kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (192kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Analisis Pemahaman Siswa pada Materi Lingkaran Berdasarkan Teori Van Hiele Ditinjau dari Hasil Belajar Kelas VIII-A SMP Negeri 3 Dongko Trenggalek Semester Genap Tahun Ajaran 2014/2015” ini ditulis oleh Ivada Jamiatul Husniyah, NIM. 3214113090, pembimbing Maryono, M.Pd. Kata Kunci: Analisis, Pemahaman, Lingkaran, Teori Van Hiele Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 3 Dongko Trenggalek tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa pemahaman yang baik seringkali dilewatkan oleh siswa. Mereka lebih memilih untuk menghapal daripada memahami makna dari sebuah ilmu pengetahuan. Untuk mengetahui bagaimana pemahaman siswa peneliti menggunakan Teori Van Hiele, karena Teori Van Hiele dapat digunakan sebagai suatu alat analisis untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa pada materi Geometri. Kemampuan yang dimiliki siswa dapat mempengaruhi hasil belajar siswa dalam memahami dan memandang masalah dalam matematika. Oleh karena itu, peneliti mengadakan penelitian yang mengintegrasikan pemahaman berdasarkan Teori Van Hiele menurut hasil belajar siswa. Fokus Penelitian dalam penelitian ini adalah bagaimana tingkat pemahaman siswa pada Materi Lingkaran berdasarkan Teori Van Hiele ditinjau dari hasil belajar kelas VIII-A SMP Negeri 3 Dongko Trenggalek semester genap tahun ajaran 2014/2015?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tingkat pemahaman siswa pada Materi Lingkaran berdasarkan Teori Van Hiele ditinjau dari hasil belajar kelas VIII-A SMP Negeri 3 Dongko Trenggalek semester genap tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan: 1) Observasi, 2) Wawancara, dan 3) Tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pemahaman siswa mengenai materi lingkaran berdasarkan Teori Van Hiele pada umumnya berada pada tahap 1 (analisis), 2) dari keseluruhan siswa belum ada yang menuliskan simbol matematika untuk penulisan simbol titik dan garis, 3) sebagian besar siswa masih kesulitan ketika menemukan soal yang berbentuk cerita, 4) pemahaman siswa berdasarkan Teori Van Hiele terhadap materi lingkaran belum ada yang berada pada tahap 4 (akurasi/keakuratan).

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ivada Jamiatul Husniyah
Date Deposited: 25 Nov 2015 03:00
Last Modified: 25 Nov 2015 03:00
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2725

Actions (login required)

View Item View Item