REVI SHINTA NURIA, 12204183172 (2022) PENGARUH PENERAPAN MODEL GLOBAL LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MATERI TEOREMA PYTHAGORAS SMPN 2 KADEMANGAN BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (883kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (68kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (191kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (185kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (221kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (252kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (251kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (205kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (9kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (12kB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Penerapan Model Global Learning Terhadap Pemahaman Matematika Siswa Kelas VIII Materi Teorema Pythagoras SMPN 2 Kademangan Blitar” ini ditulis oleh Revi Shinta Nuria, NIM. 12204183172, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, program studi Tadris Matematika (TMT), Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Syaiful Hadi, M.Pd. Kata Kunci: Pemahaman, Model Global Learning, Teorema Pythagoras Pemahaman Matematika siswa yang rendah dapat mempengaruhi dan menghambat proses pembelajaran. Pembelajaran saat ini hanya sebatas mendengarkan penjelasan guru sehingga berdampak pada ketidakseimbangan antara otak kanan dan otak kiri. Oleh karena itu, perlu adanya model pembelajaran yang sesuai, salah satunya yakni penerapan model global learning. Global learning merupakan pembelajaran dimana siswa mempelajari sesuatu dengan menyeimbangkan otak kanan dan otak kiri agar materi yang mereka dapatkan tidak hanya tersimpan pada shortterm memory yang mengakibatkan mudah lupa melainkan tersimpan pada longterm memory. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model global learning terhadap pemahaman matematika siswa kelas VIII materi teorema pythagoras SMPN 2 Kademangan Blitar. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penerapan model global learning terhadap pemahaman matematika siswa kelas VIII materi teorema pythagoras SMPN 2 Kademangan Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis eksperimen posttest only control design. Teknik sampling menggunakan purposive sampling, populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 2 Kademangan Blitar. Sampel yang diambil adalah kelas VIII A sebagai kelas eksperimen yang diberikan perlakuan pembelajaran dengan model global learning dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol yang tidak diberikan perlakuan. Metode pengambilan data melalui tes dan dokumentasi. Metode tes digunakan untuk mendapatkan nilai matematika siswa setelah diberikan posttest di SMPN 2 Kademangan. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan uji independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh penerapan model global learning terhadap pemahaman matematika siswa kelas VIII materi teorema pythagoras SMPN 2 Kademangan Blitar dengan nilai Sig.(2-tailed) 0,000 < 0,05. Selain itu berdasarkan perbandingan rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol didapatkan nilai rata-rata kelas eksperimen 83,44 lebih besar daripada nilai rata-rata kelas kontrol 77,72. Kemudian dari hasil penelitian diperoleh besar pengaruh penerapan model global learning terhadap pemahaman matematika siswa kelas VIII materi teorema pythagoras SMPN 2 Kademangan Blitar adalah 84% yaitu berinterpretasi tinggi.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama Pendidikan > Pembelajaran Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 12204183172 Revi Shinta Nuria |
Date Deposited: | 19 Jul 2022 02:38 |
Last Modified: | 19 Jul 2022 02:38 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27389 |
Actions (login required)
View Item |