UMMI ULFATUS SYAHRIYAH, 12201183022 (2022) INKLUSIVISME PERSPEKTIF ABDURRAHMAN WAHID DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM HUMANISTIK. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (664kB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (289kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (119kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (749kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (511kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (689kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (120kB) |
||
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (435kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Ummi Ulfatus Syahriyah, NIM. 12201183022. Inklusivisme Perspektif Abdurrahman Wahid dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Islam Humanistik. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing: Dr. Muhammad Zaini, MA. Kata kunci : Inklusivisme, Pendidikan Islam, Humanistik Gerakan eksklusif-fundamentalis mulai gencar membungkus kejahatan dan pemberontakan atas nama agama. Paparan ideologi radikalisme yang memandang teks secara tekstualis-normatif dipengaruhi pula oleh latar belakang pendidikan dan pengetahuan keagamaan seseorang. Pemberontakan yang merajalela akan menimbulkan perpecahan mengingat Indonesia adalah negeri dengan ragam perbedaan. Menyikapi hal ini, penulis meneliti sejauh mana sikap inklusif Abdurrahman Wahid relevan dengan pendidikan Islam humanistik. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan konsep inklusivisme perspektif Abdurrahman Wahid. (2) Untuk mendeskripsikan konsep pendidikan Islam humanistik. (3) Untuk mendeskripsikan implikasi inklusivisme Abdurrahman Wahid terhadap pendidikan Islam humanistik. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kepustakaan (library research) yang dilakukan dengan mengkaji berbagai literatur yang relevan dengan inklusivisme Abdurrahman Wahid. Sumber data primer merupakan literatur yang langsung ditulis oleh Abdurrahman Wahid. Teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik dokumentasi. Data dianalisis dengan tahapan reduksi data, data display, dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konsep inklusivisme Abdurrahman Wahid relevan dengan pendidikan Islam humanistik. Hal ini dibuktikan dengan paham inklusif Abdurrahman Wahid memiliki kesamaan nilai dengan pendidikan Islam humanistik. Nilai-nilai inklusivisme Abdurrahman Wahid, terdiri dari kontekstualisasi ajaran, menghargai ‘yang lain’ dan semangat pluralisme. Pendidikan Islam berparadigma humanistik memiliki cita-cita yang sama dengan inklusivisme Abdurrahman Wahid, mengeluarkan manusia dari formalisme ajaran, menjunjung tinggi martabat manusia, dan menginginkan kesalehan sosial bagi manusia beragama. Cita-cita tersebut direalisasikan dengan; 1) merencanakan kurikulum yang terintegrasi secara holistik, 2) pendidik berperan sebagai fasilitator, motivator, dan teladan bagi peserta didiknya, 3) peserta didik diposisikan sebagai subjek pendidikan yang berperan aktif dalam pembelajaran, 4) metode yang diterapkan bersifat fleksibel, relatif, dan tentatif. Sebagai contohnya adalah metode pembelajaran kontekstual, kooperatif, dialogis, dan metode pembelajaran langsung/keteladanan, 5) evaluasi dilaksanakan melalui dua perspektif, antara pendidik dan peserta didik.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12201183022 UMMI ULFATUS SYAHRIYAH |
Date Deposited: | 19 Jul 2022 08:08 |
Last Modified: | 19 Jul 2022 08:08 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27734 |
Actions (login required)
View Item |