AMILIA FARDHOTUL LAILI, 12201183043 (2022) PERAN GURU AQIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN BELAJAR PESERTA DIDIK DI MADRASAH ALIYAH AT-THOHIRIYAH NGANTRU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (716kB) |
||
Text
ABTRAK.pdf Download (190kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (30kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (267kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (265kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (143kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (221kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (132kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (90kB) |
||
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (181kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peran Guru Aqidah Akhlak dalam Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Peserta Didik di Madrasah Aliyah At-Thohiriyah Ngantru Tulungagung” ini ditulis oleh Amilia Fardhotul Laili, NIM 12201183043, Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, pembimbing Dr. Nurul Hidayat, M.Ag. Kata Kunci: Peran Guru, Aqidah Akhlak, Kedisiplinan Belajar Penerapan kedisiplinan belajar pada peserta didik dalam proses belajar mengajar merupakan hal yang sangat penting. Namun, kenyataannya masih banyak peserta didik yang tidak disiplin dalam melakukan kegiatan pembelajaran di kelas seperti peserta didik yang terlambat datang saat pembelajaran sudah berlangsung peserta didik yang kurang konsentrasi dan antusias saat proses pembelajaran, peserta didik yang mengobrol sendiri dengan temannya saat guru sedang menyampaikan materi atau bermain gawai, ketidakhadiran peserta didik dengan kategori alpha dan terlambat memasuki kelas. Berkaitan dengan ini perlu adanya penelitian terkait peran guru aqidah akhlak dalam meningkatkan kedisiplinan belajar peserta didik. Agar tidak tidak dipandang hanya mengedepankan kualitas akademisnya di MA At-Thohiriyah Ngantru Tulungagung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran guru aqidah akhlak sebagai teladan, inspirator, dan motivator dalam meningkatkan kedisiplinan belajar peserta didik di Madrasah Aliyah At-Thohiriyah Ngantru Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dimulai dari reduksi data, data display, dan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Hasil penelitian. Pertama, peran guru aqidah akhlak sebagai teladan yaitu memberikan contoh perilaku yang baik kepada peserta didik, disiplin dalam waktu mengajar, menggunakan pakaian yang rapi sehingga membuat peserta didik menerapkan kedisiplinan yang telah dicontohkan guru. Kedua, peran guru aqidah akhlak sebagai inspirator yaitu memberikan petunjuk dan kesan yang baik kepada peserta didik, menanamkan nilai-nilai kedisiplinan belajar, menyisipkan cerita dari tokoh terkenal untuk menginspirasi sehingga peserta didik dapat terinspirasi dari guru yang menanamkan nilai kedisiplinan. Ketiga, peran guru aqidah akhlak sebagai motivator yaitu memberikan semangat dan dorongan, memberikan motivasi, memberikan reward and punishment, bersikap kasih sayang dan tegas sehingga peserta didik termotivasi dengan adanya semangat dan dorongan dalam mentaati kedisiplinan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12201183043 AMILIA FARDHOTUL LAILI |
Date Deposited: | 20 Jul 2022 03:51 |
Last Modified: | 20 Jul 2022 03:51 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27895 |
Actions (login required)
View Item |