PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY LEARNING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP GETARAN DAN GELOMBANG KELAS VIII MTsN 4 BLITAR

PUTRI SIWI, 12211183056 (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY LEARNING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP GETARAN DAN GELOMBANG KELAS VIII MTsN 4 BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (647kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (341kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (771kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (711kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (971kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (903kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (498kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (469kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini yang berjudul “Pengaruh Model Pembelajaran Guided Discovery Learning Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Konsep Getaran dan Gelombang Kelas VIII MTsN 4 Blitar” yang ditulis oleh Putri Siwi, NIM. 12211183056, Program Studi Tadris Fisika, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Nani Sunarmi, S.Si, M.Sc. Kata Kunci : Guided Discovery Learning, Motivasi, Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi siswa masih memiliki tingkat motivasi dan hasil belajar yang rendah. Seorang pendidik dalam melaksanakan pembelajaran dituntut untuk dapat memilih model pembelajaran yang sesuai dengan materi dan situasi agar dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Model pembelajaran Guided Discovery Learning diharapkan dapat membantu siswa dalam belajar, sehingga motivasi dan hasil belajar dapat meningkat. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Guided Discovery Learning terhadap Motivasi pada Konsep Getaran dan Gelombang Kelas VIII MTsN 4 Blitar, (2) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Guided Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Konsep Getaran dan Gelombang Kelas VIII MTsN 4 Blitar, (3) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Guided Discovery Learning terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Konsep Getaran dan Gelombang Kelas VIII MTsN 4 Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu (quasi exsperimen) dengan desain nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitisn ini sebanyak 297 siswa dengan sampel 56 siswa yang terbagi menjadi dua kelas. Kelas VIII-E sebagai kelas eksperimen yang terdiri dari 28 siswa dan kelas VIII-B senagai kelas kontrol yang terdiri dari 28 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket motivasi dan tes hasil belajar. Teknik analisis dalam penelitian ini adalah menggunakan uji-t dan uji manova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Terdapat pengaruh model pembelajaran Guided Discovery Learning terhadap Motivasi pada Konsep Getaran dan Gelombang Kelas VIII MTsN 4 Blitar. Dibuktikan dengan nilai hasil uji hipotesis yaitu 0,000 > 0,05 yang dinyatakan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, (2) Terdapat pengaruh model pembelajaran Guided Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Konsep Getaran dan Gelombang Kelas VIII MTsN 4 Blitar. Dibuktikan dengan nilai hasil uji hipotesis yaitu 0,000 > 0,05 yang dinyatakan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, (3) Terdapat pengaruh model pembelajaran Guided Discovery Learning terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Konsep Getaran dan Gelombang Kelas VIII MTsN 4 Blitar. Dibuktikan dengan nilai hasil uji hipotesis yaitu 0,000 > 0,05 yang dinyatakan bahwa H 0 ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Motivasi Belajar
Pendidikan > Pembelajaran
Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: 12211183056 PUTRI SIWI
Date Deposited: 21 Jul 2022 03:55
Last Modified: 21 Jul 2022 03:55
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28046

Actions (login required)

View Item View Item