PUTRI SIWI, 12211183056 (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY LEARNING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP GETARAN DAN GELOMBANG KELAS VIII MTsN 4 BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (647kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (341kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (771kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (711kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (971kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (903kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (498kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (469kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi ini yang berjudul “Pengaruh Model Pembelajaran Guided Discovery Learning Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Konsep Getaran dan Gelombang Kelas VIII MTsN 4 Blitar” yang ditulis oleh Putri Siwi, NIM. 12211183056, Program Studi Tadris Fisika, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Nani Sunarmi, S.Si, M.Sc. Kata Kunci : Guided Discovery Learning, Motivasi, Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi siswa masih memiliki tingkat motivasi dan hasil belajar yang rendah. Seorang pendidik dalam melaksanakan pembelajaran dituntut untuk dapat memilih model pembelajaran yang sesuai dengan materi dan situasi agar dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Model pembelajaran Guided Discovery Learning diharapkan dapat membantu siswa dalam belajar, sehingga motivasi dan hasil belajar dapat meningkat. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Guided Discovery Learning terhadap Motivasi pada Konsep Getaran dan Gelombang Kelas VIII MTsN 4 Blitar, (2) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Guided Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Konsep Getaran dan Gelombang Kelas VIII MTsN 4 Blitar, (3) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Guided Discovery Learning terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Konsep Getaran dan Gelombang Kelas VIII MTsN 4 Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu (quasi exsperimen) dengan desain nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitisn ini sebanyak 297 siswa dengan sampel 56 siswa yang terbagi menjadi dua kelas. Kelas VIII-E sebagai kelas eksperimen yang terdiri dari 28 siswa dan kelas VIII-B senagai kelas kontrol yang terdiri dari 28 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket motivasi dan tes hasil belajar. Teknik analisis dalam penelitian ini adalah menggunakan uji-t dan uji manova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Terdapat pengaruh model pembelajaran Guided Discovery Learning terhadap Motivasi pada Konsep Getaran dan Gelombang Kelas VIII MTsN 4 Blitar. Dibuktikan dengan nilai hasil uji hipotesis yaitu 0,000 > 0,05 yang dinyatakan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, (2) Terdapat pengaruh model pembelajaran Guided Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Konsep Getaran dan Gelombang Kelas VIII MTsN 4 Blitar. Dibuktikan dengan nilai hasil uji hipotesis yaitu 0,000 > 0,05 yang dinyatakan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, (3) Terdapat pengaruh model pembelajaran Guided Discovery Learning terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Konsep Getaran dan Gelombang Kelas VIII MTsN 4 Blitar. Dibuktikan dengan nilai hasil uji hipotesis yaitu 0,000 > 0,05 yang dinyatakan bahwa H 0 ditolak dan Ha diterima.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Hasil Belajar Pendidikan > Motivasi Belajar Pendidikan > Pembelajaran Fisika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika |
Depositing User: | 12211183056 PUTRI SIWI |
Date Deposited: | 21 Jul 2022 03:55 |
Last Modified: | 21 Jul 2022 03:55 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28046 |
Actions (login required)
View Item |