PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBER HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII PADA MATERI PRISMA DAN LIMAS DI MTSN TUNGGANGRI

FAUZIAH, YENY ENDAH (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBER HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII PADA MATERI PRISMA DAN LIMAS DI MTSN TUNGGANGRI. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (879kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (337kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (599kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (368kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (399kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (89kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Numbered Heads Together Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII Pada Materi Prisma dan Limas di MTsN Tunggangri” ini ditulis oleh Yeny Endah Fauziah, NIM: 3214113172, dibimbing oleh Miswanto, M.Pd. Kata Kunci: Numbered Heads Together, Minat Belajar, Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya minat dan hasil belajar yang rendah belajar siswa pada mata pelajaran Matematika. Hal ini ditambah dengan fakta bahwa proses pembelajaran yang diterapkan guru masih menerapkan metode atau model pembelajaran konvensional yaitu ceramah, tanya jawab dan penugasan. Sehingga tidak menutup kemungkinan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika terkesan rendah. Untuk meningkatkan minat siswa dalam proses pembelajaran, model pembelajaran Kooperatif Numbered Heads Together sangatlah tepat, karena model ini dapat mendorong kerja sama dan keaktifan siswa dalam menguasai pelajaran untuk mencapai hasil belajar yang maksimal. Dalam hal ini peneliti menghubungkan masalah model pembelajaran Kooperatif Numbered Heads Together dengan minat dan hasil belajar Matematika siswa di MTsN Tunggangri. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apakah terdapat pengaruh signifikan antara model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) terhadap minat belajar matematika siswa kelas VIII pada materi Prisma dan Limas di MTsN Tunggangri? (2) Apakah terdapat pengaruh signifikan antara model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII pada materi Prisma dan Limas di MTsN Tunggangri? Adapun yang menjadi tujuan peneliti adalah untuk mengetahui pengaruh signifikan antara model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) terhadap minat dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII pada materi prisma dan limas di MTsN Tunggangri. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Dalam penelitian ini digunakan metode observasi, angket, tes dan dokumentasi. Observasi digunakan untuk mengamati proses kegiatan belajar mengajar, angket dan tes digunakan untuk memperoleh data tentang minat dan hasil belajar belajar siswa yang digunakan sebagai sampel penelitian. Sedangkan metode dokumentasi digunakan untuk menggali data tentang populasi, sampel, dan dokumen madrasah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh signifikan antara model pembelajaran Kooperatif Numbered Heads Together dengan minat dan hasil belajar Matematika siswa kelas VIII di MTsN Tunggangri tahun ajaran 2014/2015. (1) Terhadap minat belajar nilai t_hitung= 4,854 dan nilai t_tabel=2,000 pada taraf signifikan 5%. Karena t_tabel< t_hitung maka H0 ditolak dan H1 diterima. (2) Terhadap hasil belajar nilai t_hitung=2,753 dan nilai t_tabel=2,000 pada taraf signifikan 5%. t_tabel< t_hitung maka H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian model pembelajaran Numbered Heads Together dapat meningkatkan minat dan hasil belajar matematika siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: yenyendah Fauziah
Date Deposited: 15 Dec 2015 06:53
Last Modified: 15 Dec 2015 06:53
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2807

Actions (login required)

View Item View Item