PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP DISPOSISI MATEMATIS SISWA DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI HIMPUNAN KELAS VII MTsN 6 BLITAR

DEVI FATKHATUS SALAFIYAH, 12204183074 (2022) PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP DISPOSISI MATEMATIS SISWA DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI HIMPUNAN KELAS VII MTsN 6 BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (926kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (363kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (647kB) | Preview
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (861kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (623kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (845kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (636kB)
[img] Text
BAB 6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (472kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (378kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Disposisi Matematis Siswa dan Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Materi Himpunan Kelas VII MTsN 6 Blitar” ditulis oleh Devi Fatkhatus Salafiyah, NIM. 12204183074, Pembimbing Dr. Muniri, M.Pd. Kata Kunci: Model Problem Based Learning (PBL), Disposisi Matematis Siswa, Kemampuan Pemecahan Masalah. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya disposisi matematis siswa dan kemampuan pemecahan masalah. Hal ini disebabkan oleh adanya penerapan model pembelajaran yang masih menggunakan model pembelajaran konvensional dengan metode ceramah yaitu guru yang lebih berperan aktif saat pembelajaran berlangsung dan siswa hanya mendengarkan penyampaian materi. Sehingga diperlukan pemilihan model pembelajaran yang membuat siswa lebih berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran. Salah satunya yaitu dengan model Problem Based Learning (PBL). Model Problem Based Learning (PBL) yaitu model pembelajaran yang disusun dengan menggunakan masalah nyata sebagai konteks belajar siswa untuk berpikir kritis dan memiliki keterampilan dalam memecahkan masalah. Tujuan dari adanya penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui pengaruh penerapan model problem based learning (PBL) terhadap disposisi matematis siswa pada materi himpunan kelas VII MTsN 6 Blitar, 2) untuk mengetahui pengaruh penerapan model problem based learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah pada materi himpunan kelas VII MTsN 6 Blitar dan 3) untuk mengetahui pengaruh penerapan model problem based learning (PBL) terhadap disposisi matematis siswa dan kemampuan pemecahan masalah pada materi himpunan kelas VII MTsN 6 Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasy eksperimental design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII MTsN 6 Blitar sebanyak 199 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah clusterrandom sampling dengan kelas 7.2 sebagai kelas kontrol dan kelas 7.3 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan angket untuk mengukur disposisi matematis siswa dan tes untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah. Sedangkan teknik analisis data menggunakan uji t-test dan uji manova. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) ada pengaruh penerapan model problem based learning (PBL) terhadap disposisi matematis siswa pada materi himpunan kelas VII MTsN 6 Blitar, 2) ada pengaruh penerapan model problem based learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah pada materi himpunan kelas VII MTsN 6 Blitar, dan 3) ada pengaruh penerapan model problem based learning (PBL) terhadap disposisi matematis siswa dan kemampuan pemecahan masalah pada materi himpunan kelas VII MTsN 6 Blitar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204183074 DEVI FATKHATUS SALAFIYAH
Date Deposited: 21 Jul 2022 07:19
Last Modified: 21 Jul 2022 07:19
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28125

Actions (login required)

View Item View Item