PENGARUH INTELEGENSI DAN REMEDIAL TEACHING TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN FIQH SISWA KELAS VI MADRASAH IBTIDAIYAH SE-KECAMATAN GANDUSARI KABUPATEN TRENGGALEK

Mugianto, Mugi and Lia Khoirunnisa, Lia (2015) PENGARUH INTELEGENSI DAN REMEDIAL TEACHING TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN FIQH SISWA KELAS VI MADRASAH IBTIDAIYAH SE-KECAMATAN GANDUSARI KABUPATEN TRENGGALEK. [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (408kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 new.pdf

Download (454kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2 new.pdf

Download (402kB) | Preview
[img] Text
BAB V - revisi.pdf

Download (117kB)
[img]
Preview
Text
cover tesis.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI - revisi.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV - revisi.pdf

Download (456kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUSTAKA.pdf

Download (359kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3 -revisi.pdf

Download (745kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Insi Mardliyah, NIM: 284534023 Pengaruh Intelegensi Siswa Dan Remidial Teaching Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Fiqih Siswa Kelas VI MI Se-Kecamatan Gandusari, Thesis, PPs IAIN Tulungagung, 2015 Kata Kunci : Intelegensi Siswa, Remidial Teaching, Prestasi Belajar Intelegensi anak merupakan potensi bawaan yang sering dikaitkan dengan berhasil tidaknya anak belajar di sekolah. Dengan kata lain intelegensi dianggap sebagai faktor yang menentukan berhasil tidaknya anak belajar di sekolah. Dalam perspektif psikologis, intelegensi dianggap sebagai kemampuan mental seseorang dalam merespon dan menyelesaikan problem-problem dari yang bersifat kuantitatif dan fenomenal. Masalah kecerdasan atau intelegensi saat ini mendapat banyak perhatian di kalangan para pendidik, hal ini dikarenakan intelegensi telah dianggap sebagai suatu norma yang menentukan perkembangan kemampuan dan pencapaian optimal hasil belajar seseorang. Dengan mengetahui intelegensinya,seseorang dapat dikategorikan sebagai orang yang pandai atau cerdas (jenius), sedang, atau bodoh (idiot)Jadi selain faktor intelegensi siswa, prestasi belajar itu dapat ditingkatkan dengan adanya kegiatan remedial teaching yang dilaksanakan oleh guru. Penerapan Remedial Teaching tidak lepas dari peserta didik atau siswa yang mengalami proses pembelajaran baik secara langsung dan tidak langsung berkaitan dengan kegiatan perbaikan yang dilakukan dalam rangka proses belajar mengajar yang menganut prinsip belajar tuntas, kegiatan pengayaaan dan kegiatan perbaikan merupakan kegiatan dua kegiatan yang sama pentingnya. diketahui bahwa prestasi belajar siswa kelas VI selama 3 tahun terakir berada dilevel 75% – 85 % untuk ketuntasan klasikal sedangkan nilai dengan kategori diatas nilai KKM masih mayoritas 75%-80 % dari seluruh siswa disetiap lembaga. Hal ini merupakan dampak dari kurangnya minat belajar siswa terhadap mata pelajaran Al qur’an hadis dan kurang rajinnya siswa untuk belajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara intelegensi siswa terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Fiqh kelas VI di MI se-Kecamatan Gandusari Kabupaten Trenggalek?, 2)Apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara kegiatan remedial teaching terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih kelas VI di MI se-Kecamatan Gandusari Trenggalek?, 3)Apakah terdapat pengaruh secara bersama-sama antara intelegensi siswa dan kegiatan remedial teaching terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih kelas VI di MI se-Kecamatan Gandusari Kabupaten Trenggalek?. Tujuan penelitian ini adalah memperoleh informasi dan gambaran menyeluruh tentang tingkat intelegensi siswa dan remedial teaching terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih kelas VI di MI se Kecamatan Gandusari. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan survei, karena untuk mengetahui pengaruh variabel X1 dan X2 terhadap variabel Y. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Se-Kecamatan Gandusari Trenggalek berjumlah 128 siswa dengan jumlah sampel 97 siswa. Data motivasi belajar, dan intelegensi siswa dikumpulkan melalui kuesioner dengan menggunkan skala Likert dengan lima pilihan. Semua instrumen telah memenuhi syarat sebagai alat pengukuran, karena telah diujicobakan sehingga telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas dengan teknik alpha cronbach dan telah lulus dari asumsi klasik. Sedangkan data prestasi belajar Fiqih siswa di ambil dari nilai ujian awal semester, ujian tengah semester, ulangan harian, dan ujian semester. Ada tiga hipotesis dalam penelitian ini yaitu: pertama, ada pengaruh antara intelegensi siswa siswa dengan prestasi belajar siswa, kedua ada pengaruh antara remedial teaching dengan prestasi belajar siswa, dan ketiga ada pengaruh yang signifikan antara intelegensi siswa dan remedial teaching dengan prestasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kemampuan siswa atau intelegensi menunjukkan criteria cukup dengan hasil penelitian 39.18%, siswa mempunyai intelegensi yang baik, sedangkan program remedial teaching menunjukkan criteria cukup baik dengan hasil data 60% menyatakan membawa dampak peningkatan kemapuan siswa, prestasi belajar siswa di MI se-Kecamatan Gandusari Kabupaten Trenggalek termasuk criteria baik sesuai hasil penelitian menunjukkan 60% siswa mempunyai prestasi belajar diatas nilai minimal ketuntasan. Intelegensi siswa mempunyai pengaruh yang cukup signifikan terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih kelas VI di MI se-Kecamatan Gandusari Kabupaten Trenggalek, dengan besaran 0,092 atau 9.20% . Dengan analisa korelasi product moment menunjukkan hasil 0,984 dimana lebih besar dari r tabel 0,202Remedial teaching mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar mata pelajaran Fiqih kelas VI MI kecamatan Gandusari dengan besaran 0.271 atau 27.10%. Dengan analisa korelasi product moment menunjukkan hasil 0,993 dimana lebih besar dari r tabel 0,202. Intelegensi siswa dan program remedial teaching mempunyai pengaruh yang cukup signifikan terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih kelas VI di MI se-Kecamatan Gandusari Kabupaten Trenggalek, dengan besaran 0,220 atau 22.00%. Dengan analisa korelasi product moment menunjukkan hasil 0,991 dimana lebih besar dari r tabel 0,202.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Ilmu Pendidikan Dasar Islam
Depositing User: Insi Mardliyah Al-Musa
Date Deposited: 03 Dec 2015 05:15
Last Modified: 03 Dec 2015 05:15
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2814

Actions (login required)

View Item View Item