PUTRI AFIDAH AMIN, 12205183192 (2022) PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN POLA KOMUNIKASI PEMBELAJARAN PADA KELAS BAWAH DI MI DARUSSALAM WONODADI. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (839kB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (217kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (137kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (188kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (295kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (198kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (577kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (191kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (92kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (95kB) | Preview |
Abstract
Putri Afidah Amin, 12205183192, Skripsi: Peran Guru dalam Meningkatkan Pola Komunikasi Pembelajaran pada Kelas Bawah di MI Darussalam Wonodadi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Negeri Islam Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing: Dr. Khoirul Anam, M.Pd.I., Kata Kunci: Peran Guru, Pola Komunikasi Pembelajaran Pendidikan merupakan sebuah komunikasi yang terjadi dalam proses pembelajaran melibatkan dua komponen yang terdiri dari guru yang bertugas sebagai komunikator dan siswa sebagai komunikan. Tujuan pendidikan yaitu memberikan pengetahuan dan pemahaman mengenai sesuatu hal yang sedang dipelajari. Dalam proses pembelajaran harus terjadi interaksi yang komunikatif antara guru dan siswa. Guru memiliki peranan yang penting membantu mengembangkan potensi siswa dalam mewujudkan cita-citanya. Guru menjadi salah satu acuan dari keberhasilan suatu pendidikan. Oleh karena itu guru menggunakan banyak cara agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik. Salah satu sekolah yang menggunakan pola komunikasi pembelajaran adalah MI Darussalam Wonodadi. Dalam proses pembelajaran di MI Darussalam Wonodadi, guru menggunaan pola komunikasi yang beragam. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mendiskripsikan dan menjelaskan peran guru dalam meningkatan pola komunikasi pembelajaran satu arah pada kelas bawah di MI Darussalam Wonodadi, (2) Untuk mendiskripsikan dan menjelaskan peran guru dalam meningkatan pola komunikasi pembelajaran dua arah pada kelas bawah di MI Darussalam Wonodadi, (3) Untuk mendiskripsikan dan menjelaskan peran guru dalam meningkatan pola komunikasi pembelajaran multi arah pada kelas bawah di MI Darussalam Wonodadi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Kehadiran peneliti dilapangan mulai awal bulan februari sampai akhir februari. Lokasi penelitian di MI Darussalam Wonodadi Blitar. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data triangulasi sumber. Hasil penelitian ini adalah (1) Peran guru dalam meningkatkan pola komunikasi satu arah sangat domunian, dimana guru menguasai materi secara mendalam, kemudian guru menyampaikan materi pembelajaran dengan menggunakan metode ceramah, (2) Peran guru dalam meningkatkan pola komunikasi dua arah adalah guru berinteraksi dengan siswa secara aktif, guru memberikan motivasi kepada siswa agar semangat belajar. untuk menumbuhkan motivasi siswa guru menggunakan metode tanya jawab dalam penyampaian pembelajaran, (3) Peran guru dalam meningkatkan pola komunikasi multi arah adalah sebagai perencana proses pembelajaran, sebagai pembimbing siswa dalam pembelajaran, serta antara guru dengan siswa maupn siswa dengan siswa lainnya berinteraksi secara aktif.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Guru Pendidikan > Pembelajaran Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205183192 PUTRI AFIDAH AMIN |
Date Deposited: | 22 Jul 2022 02:14 |
Last Modified: | 22 Jul 2022 02:14 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28168 |
Actions (login required)
View Item |