PENGARUH MODEL STATION ROTATION BLENDED LEARNING DENGAN MEDIA GOOGLE CLASSROOM TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL KELAS VII SMPN 1 KALIDAWIR TULUNGAGUNG

BONINGGAR SANDOVA, 12204183239 (2022) PENGARUH MODEL STATION ROTATION BLENDED LEARNING DENGAN MEDIA GOOGLE CLASSROOM TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL KELAS VII SMPN 1 KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (536kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (309kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (335kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (914kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (552kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (673kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (365kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (160kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (271kB) | Preview

Abstract

Pada dasarnya setiap individu sejak kecil telah memiliki kemampuan untuk mengkonstruksi pengetahuannya sendiri. Pengetahuan yang dikonstruksi oleh anak sebagai subjek, maka akan menjadi pengetahuan yang bermakna, sedangkan pengetahuan yang hanya diperoleh melalui proses pemberitahuan tidak akan menjadi pengetahuan yang bermakna. Pengetahuan tersebut hanya untuk diingat sementara setelah itu dilupakan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: a) pengaruh metode station rotation blended learning dengan media google classroom terhadap minat belajar; b) pengaruh metode station rotation blended learning dengan media google classroom terhadap hasil belajar c) pengaruh metode station rotation blended learning dengan media google classroom terhadap minat dan hasil belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian quasi experimental dengan design Postest-only Control Group Design. Variabel bebas pada penelitian ini adalah metode station rotation blended learning dengan media google classroom sedangkan variabel terikatnya yaitu minat dan hasil belajar siswa matematika pada materi aritmatika sosial siswa kelas VII SMPN 1 Kalidawir Tulungagung. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 1 Kalidawir Tulungagung tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 238 siswa dan terbagi menjadi 8 kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah 15 siswa dari kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan 15 siswa dari kelas VII D sebagai kelas kontrol di SMPN 1 Kalidawir Tulungagung. Teknik sampling yang digunakan adalah Purposive Sampling. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes dan angket. Tes berfungsi untuk mengukur hasil belajar siswa, sedangkan angket digunakan untuk mengukur minat belajar siswa. Dimana hasil belajar akan diuji t-test , minat belajar diuji dengan Mann – Whitney, sedangkan minat dan hasil belajar akan diuji MANOVA (Multivariate of Varians) Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang metode station rotation blended learning dengan media google classroom terhadap minat dan hasil belajar matematika pada materi aritmatika sosial siswa kelas VII SMPN 1 Kalidawir Tulungagung. Uji Manova yang diperoleh menunjukkan nilai signifikansi 0,007 < 0,05 sehingga ada pengaruh yang signifikan metode station rotation blended learning dengan media google classroom terhadap minat dan hasil belajar siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika > Aritmatika
Matematika
Media Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204183239 BONINGGAR SANDOVA
Date Deposited: 26 Jul 2022 07:52
Last Modified: 26 Jul 2022 07:52
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28343

Actions (login required)

View Item View Item