PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E BERBANTUAN PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK MOMENTUM DAN IMPULS KELAS X MAN KOTA BLITAR

LAILY FAIZA ULFA, 12211183035 (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E BERBANTUAN PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK MOMENTUM DAN IMPULS KELAS X MAN KOTA BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (498kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (117kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (82kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (135kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (170kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (150kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (105kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (125kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (43kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul, “Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Berbantuan Peta Konsep terhadap Hasil Belajar dan Motivasi Belajar Siswa pada Materi Pokok Momentum dan Impuls Kelas X MAN Kota Blitar” yang ditulis oleh Laily Faiza Ulfa, NIM. 12211183035, Program Studi Tadris Fisika, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Maryono, M.Pd. Kata Kunci: Learning Cycle 5E, Peta Konsep, Hasil Belajar, Motivasi Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar yang rendah dan kurangnya motivasi belajar pada mata pelajaran fisika khususnya pada materi pokok momentum dan impuls. Pelaksanaan pembelajaran fisika pada materi pokok momentum dan impuls lebih banyak dilakukan secara klasikal. Salah satu upaya untuk meningkatkan hasil belajar dan motivasi belajar siswa adalah dengan diterapkannya model pembelajaran Learning Cycle 5E dengan berbantuan peta konsep. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Learning Cycle 5E berbantuan peta konsep terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok momentum dan impuls kelas X MAN Kota Blitar, (2) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Learning Cycle 5E berbantuan peta konsep terhadap motivasi belajar siswa pada materi pokok momentum dan impuls kelas X MAN Kota Blitar, (3) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Learning Cycle 5E berbantuan peta konsep terhadap hasil belajar dan motivasi belajar siswa pada materi pokok momentum dan impuls kelas X MAN Kota Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain The Randomized Post-test Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 183 siswa dengan sampel 62 siswa yang terbagi menjadi dua kelas. Kelas X IPA 1 sebagai kelas eksperimen yang terdiri dari 31 siswa dan kelas X IPA 5 sebagai kelas kontrol yang terdiri dari 31 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket motivasi dan tes hasil belajar. Teknik analisis dalam penelitian ini adalah dengan uji prasyarat dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh model pembelajaran Learning Cycle 5E berbantuan peta konsep terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok momentum dan impuls kelas X MAN Kota Blitar. Dibuktikan dengan nilai signifikasi 0,000 < 0,05 yang dinyatakan bahwa H0 ditolak dan H a diterima, (2) terdapat pengaruh model pembelajaran Learning Cycle 5E berbantuan peta konsep terhadap motivasi belajar siswa pada materi pokok momentum dan impuls kelas X MAN Kota Blitar. Dibuktikan dengan nilai signifikasi 0,018 < 0,05 yang dinyatakan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, (3) terdapat pengaruh model pembelajaran Learning Cycle 5E berbantuan peta konsep terhadap hasil belajar dan motivasi belajar siswa pada materi pokok momentum dan impuls kelas X MAN Kota Blitar. Dibuktikan dengan nilai signifikasi 0,000 < 0,05 yang dinyatakan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12211183035 LAILY FAIZA ULFA
Date Deposited: 01 Aug 2022 01:29
Last Modified: 01 Aug 2022 01:29
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28498

Actions (login required)

View Item View Item