WANDA YUNIKA PUTRI, 12204183263 (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN OSBORN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA MATERI ARITMATIKA SOSIAL KELAS VII SMPN 3 KEDUNGWARU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (415kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (818kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (259kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (422kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (689kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (852kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (762kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (488kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (458kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Osborn terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa Materi Aritmatika Sosial Kelas VII SMPN 3 Kedungwaru Tulungagung” ini ditulis oleh Wanda Yunika Putri, NIM 12204183263, Pembimbing Dr. Ummu Sholihah, S.Pd., M.Si. Kata Kunci: Model Pembelajaran Osborn, Kemampuan Berfikir Kreatif. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang berkembangnya kemampuan berfikir krieatif siswa, hal ini disebakan karena pembelajaran matematika di sekolah yang masih menggunakan model pembelajaran konvensional yaitu peserta didik terbiasa mengandalkan contoh penyelesaian soal dari guru dan pegangan buku matematika, sehingga kemampuan berpikir kreatif tidak berkembang. Dengan itu pendidik harus merubah model pembelajaran dengan beberapa varian pembelajaran, agar dapat mengembangkan atau meningkatkan kemampuan berfikir kreatif siswa pada pembelajaran matematika. Salah satunya yaitu Model Pembelajaran Osborn. Model Pembelajaran Osborn adalah suatu kegiatan untuk menghasilkan ide-ide baru atau proses untuk memecahkan masalah. Model Pembelajaran Osborn ini dapat mendorong siswa untuk aktif dan dapat menghasilkan gagasan yang kreatif. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran osborn terhadap kemampuan berfikir kreatif siswa materi Aritmatika Sosial kelas VII di SMPN 3 Kedungwaru Tulungagung. (2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran osborn terhadap kemampuan berfikir kreatif siswa materi Aritmatika Sosial kelas VII di SMPN 3 Kedungwaru Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian Quasi Experimental Design, Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Osborn dan variabel terikat dalam penelitian ini adalah kemampuan berfikir kreatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di SMPN 3 Kedungwaru yang berjumlah 297 siswa dengan sampel yang digunakan adalah siswa kelas VII-C sebagai kelas kontrol yang berjumlah 33 siswa dan kelas VII-D sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 33 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji T-test (Independen Sampling T-test) dan uji effect size Cohen’s. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh model pembelajaran osborn terhadap kemampuan berfikir kreatif siswa materi Aritmatika Sosial kelas VII di SMPN 3 Kedungwaru Tulungagung. (2) Besar pengaruh model pembelajaran osborn terhadap kemampuan berfikir kreatif siswa materi Aritmatika Sosial kelas VII di SMPN 3 Kedungwaru Tulungagung yang ditunjukkan dengan nilai d=1,833 maka persentasenya 96,4% yang artinya tergolong tinggi atau berpengaruh sangat besar.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika > Aritmatika Matematika Pendidikan > Metode Pembelajaran Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 12204183263 WANDA YUNIKA PUTRI |
Date Deposited: | 05 Aug 2022 07:27 |
Last Modified: | 05 Aug 2022 07:27 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28937 |
Actions (login required)
View Item |