KARTIKA, 12211183052 (2022) HUBUNGAN PERSEPSI SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI KELAS X SMAN 1 NGADILUWIH KABUPATEN KEDIRI. [ Skripsi ]
This is the latest version of this item.
Text
COVER.pdf Download (518kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (220kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (129kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (219kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (488kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (267kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (230kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (139kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (140kB) |
Abstract
Hadirnya pendidikan memunculnya berbagai macam persepsi dan sudut pandang. Persepsi setiap individu berbeda-beda karena di pengaruhi oleh aspek fungsional dan struktural. Persepsi yang positif akan memunculkan minat terhadap suatu objek, dan akan menghasilkan hasil sesuai usaha yang dilakukan. Maka dari itu sangat diharapkan seorang individu untuk memiliki persepsi yang positif demi hasil yang baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan positif yang signifikan antara persepsi siswa terhadap pembelajaran fisika dengan minat belajar dan hasil belajar siswa pada materi usaha dan energi kelas X IPA SMAN 1 Ngadiluwih. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis ex post facto riset untuk mengetahui hubungan antara persepsi siswa terhadap pembelajaran fisika dengan minat dan hasil belajar siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket yang telah divalidasi oleh para ahli. Sumber data dalam penelitian ini didapat dari angket persepsi siswa terhadap pembelajaran fisika, angket minat belajar, dan hasil belajar ulangan harian dari guru yang kemudian diolah secara statistik. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji prasyarat ; uji normalitas dan uji linieritas. Setelah data dinyatakan normal dan linier, dilakukan uji hipotesis menggunakan uji korelasi Product Moment oleh Pearson dengan bantuan SPSS 16.0, untuk mengetahui seberapa erat hubungan variabel bebas dengan variabel terikat. Hasil analisis melalui uji korelasi Product Moment hubungan antara “persepsi siswa terhadap pembelajaran fisika” (X) dengan “minat belajar”(Y1) sebesar r = 0,601 dengan kriteria tingkat hubungan “kuat” positif. Hubungan antara “persepsi siswa terhadap pembelajaran fisika” (X) dengan “hasil belajar” (Y2) sebesar r =0,355 dengan kriteria tingkat hubungan “rendah” positif. Dan hubungan antara “minat belajar” (Y1) dengan “hasil belajar” (Y2) sebesar r =0,287 dengan kriteria tingkat hubungan “rendah” positif.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Hasil Belajar Pendidikan > Minat Belajar Fisika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika |
Depositing User: | 12211183052 Kartika |
Date Deposited: | 05 Aug 2022 07:04 |
Last Modified: | 05 Aug 2022 07:04 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28987 |
Available Versions of this Item
-
HUBUNGAN PERSEPSI SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN
FISIKA DENGAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA
MATERI USAHA DAN ENERGI KELAS X SMAN 1 NGADILUWIH
KABUPATEN KEDIRI. (deposited UNSPECIFIED)
- HUBUNGAN PERSEPSI SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI KELAS X SMAN 1 NGADILUWIH KABUPATEN KEDIRI. (deposited 05 Aug 2022 07:04) [Currently Displayed]
Actions (login required)
View Item |