PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS POWER POINT PADA MATERI PENGARUH INTERAKSI SOSIAL DAN LEMBAGA SOSIAL KELAS VII MTS ASWAJA KALIDAWIR TULUNGAGUNG

BANGKIT PRAYOGO, 12209173099 (2022) PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS POWER POINT PADA MATERI PENGARUH INTERAKSI SOSIAL DAN LEMBAGA SOSIAL KELAS VII MTS ASWAJA KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (951kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (537kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (104kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (230kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (412kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (447kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (889kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (107kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (323kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengembangan Media Interaktif Berbasis Power Point Pada Materi Pengaruh Interaksi Sosial Dan Lembaga Sosial Kelas VII MTS Aswaja Kalidawir Tulungagung,” yang ditulis oleh Bangkit Prayogo, NIM. 12209173099, Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, Pembimbing: Hendra Pratama, M.Pd. Kata kunci: Media Iteraktif, Power Point, Interaksi sosial dan Lembaga Sosial Pengembangan media pembelajaran menjadi salah satu bentuk upaya dalam melakukan inovasi dalam bidang pendidikan. Dengan adanya pengembangan maka harapannya proses yang dilaksanakan pada kegiatan belajar mengajar dapat berjalan lebih baik dan siswa dapat memberikan timbal balik. Khususnya dengan menggunakan media interaktif berbasis power point maka dapat menunjang keberlangsungan proses kegiatan belajar mengajar agar berjalan lebih menarik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana langkahlangkah pengembangan media interaktif berbasis power point pada materi pengaruh interaksi sosial dan lembaga di MTs Aswaja Kalidawir?, (2) Apakah pentingnya penggunaan media interaktif berbasis power point pada materi pengaruh interaksi sosial dan lembaga di MTs Aswaja Kalidawir?. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development atau R&D. Adapun metode pengumpulan data yaitu wawancara, kuisioner, observasi dan tes. penelitian dan pengembangan ini menghasilkan produk media pembelajaran IPS yaitu media pembelajaran interaktif berbasis power point. Materi yang digunakan yaitu interaksi sosial dan lembaga sosial pada kelas VII. Adapun hasil penelitian ini adalah pengembangan media pembelajaran ini dikembangkan dengan model pengembangan Borg & Gall. Media yang dikembangkan menggunakan aplikasi utama yaitu MS Power Point, dan aplikasi penunjang seperti editor video. 1) Langkah yang dilakukan yaitu peneliti mekakukan penggalian data mengenai kebutuhan dan kelemahan pembelajaran yang dilaksanakan di lokasi penelitian, 2) Perencanaan, yaitu mulai melakukan penyusunan RPP yang relevan dengan media yang digunakan hingga mulai menyusun media interaktif berbasis power point, 3) Pengembangan draft produk, pada proses ini materi yang telah dikumpulkan disusun berdasarkan KD dan Indikator yang kemudian dirumuskan dalam tujuan pembelajaran. Kemudian penyusunan materi disesuaikan dengan materi dan media yang telah dirancang, 4) Uji validasi oleh validator yaitu satu ahli media dan duaahli materi, 5) Revisi produk, pada proses ini draft produk yang sudah dinilai oleh validator direvisi berdasarkan saran dan komentar dari validator, 6) Uji coba produk. Uji coba produk skala kecil ini dilakukan pada tanggal 10 Oktober 2022 dengan jumlah 5 siswa, 7) Revisi, setelah uji coba skala kecil selanjutnya yaitu revisi, revisi ini didasarkan atas temuan kekurangan yang ada pada saat uji coba skala kecil, 8) Uji lapangan skala besar. Uji lapangan skala besar ini dilakukan setelah melalui beberapa tahapan yaitu validasi, uji skala kecil dan revisi. Uji lapangan ini dilakukan pada tanggal 15 Oktober 2022 pada kelas VII A sebanyak 20 siswa, 9) Revisi tahap akhir. Revisi ini xv merupakan revisi yang paling akhir setelah melakukan beberapa revisi, sebelum nantinya produk akan di implementasikan. 10) Menyerahkan produk ke sekolah dan menyebarkan materi kepada siswa, termasuk digunakan link media pembelajaran melalui Youtube guna pembelajaran. kemudian efektivitas penggunaan media interaktif berbasis power point

Item Type: Skripsi
Subjects: Media Sosial
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: 12209173099 BANGKIT PRAYOGO
Date Deposited: 08 Aug 2022 02:24
Last Modified: 08 Aug 2022 02:24
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29004

Actions (login required)

View Item View Item