ALIFFIAH RIZKY NABILA, 12208173030 (2022) PENGARUH MEDIA E-LEARNING GOOGLE CLASSROOM TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF BIOLOGI MATERI VIRUS KELAS X SMAN 1 GONDANG MOJOKERTO. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (210kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (128kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (180kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (569kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (252kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (232kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (192kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (125kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (136kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan peserta didik dalam mempelajari materi virus yang bersifat abstrak karena memiliki ukuran tubuh yang sangat kecil sehingga sulit diamati. Pendidik yang cenderung memberikan materi dengan metode ceramah menyebabkan proses pembelajaran berlangsung kurang variatif. Hal tersebut akan berdampak pada rendahnya minat peserta didik dalam belajar sehingga akan mempengaruhi keaktifannya dalam kelas. Peran pendidik dalam kelas diharapkan mampu mengembangkan keterampilan dalam menerapkan media pembelajaran yang sesuai dengan materi sehingga minat belajar dapat tumbuh dan hasil belajar kognitif peserta didik akan lebih optimal. Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah : 1) Menganalisis pengaruh media e-learning Google Classroom terhadap minat belajar peserta didik kelas X di SMAN 1 Gondang Mojokerto. 2) Menganalisis pengaruh media e-learning Google Classroom terhadap hasil belajar kognitif peserta didik kelas X di SMAN 1 Gondang Mojokerto. 3) Menganalisis pengaruh media e-learning Google Classroom terhadap minat dan hasil belajar kognitif kelas X di SMAN 1 Gondang Mojokerto. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Jenis penelitiannya adalah eksperimen semu atau quasi experimental dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah angket, lembar observasi, tes, dan dokumentasi. Angket dan lembar observasi digunakan untuk memperoleh data minat belajar peserta didik. Tes digunakan untuk memperoleh data hasil belajar kognitif peserta didik, sedangkan dokumentasi digunakan untuk memperoleh dokumentasi kegiatan di kelas X sebagai sampel penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara media e-learning Google Classroom dengan minat belajar. Hal ini berdasarkan hasil uji t-test yang diperoleh nilai Sig. (2-tailed) adalah 0,000. Berdasarkan kriteria pengambilan keputusan 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga ada pengaruh media e-learning Google Classroom terhadap minat belajar. 2) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara media elearning Google Classroom dengan hasil belajar kognitif. Hal ini berdasarkan hasil uji t-test menggunakan nilai N-Gain yang diperoleh nilai Sig. (2-tailed) adalah 0,000. Berdasarkan kriteria pengambilan keputusan 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga ada pengaruh media e-learning Google Classroom terhadap hasil belajar kognitif. 3) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara media e-learning Google Classroom dengan minat dan hasil belajar kognitif. Hal ini berdasarkan hasil uji manova menggunakan hasil angket dan nilai N-Gain yang diperoleh nilai Sig. (2-tailed) adalah 0,000. Berdasarkan kriteria pengambilan keputusan 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga ada pengaruh media e-learning Google Classroom terhadap minat dan hasil belajar kognitif.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > E-Learning Biologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | 12208173030 ALIFFIAH RIZKY NABILA |
Date Deposited: | 08 Aug 2022 03:47 |
Last Modified: | 08 Aug 2022 03:47 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29035 |
Actions (login required)
View Item |