supriani, supriani (2015) implementasi pendidikan agama islam diSMP Negeri 1 panggungrejo kabupaten blitar tahun ajaran 2014/2015. [ Skripsi ]
Text
1. cover.docx Download (41kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (31kB) |
|
Text
BAB II.rtf Download (399kB) |
|
Text
BAB III.rtf Download (182kB) |
|
Text
BAB IV.rtf Download (320kB) |
|
Text
BAB V.rtf Download (57kB) |
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.rtf Download (69kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi ini ditulis oleh Supriani, NIM. 3211113026, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, dengan judul “Implementasi Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 01 Panggungrejo Tahun Ajaran 2014/2015”, yang dibimbing oleh Anissatul Mufarokah,S,Ag., M.Pd., NIP: 19700817 199803 2 001. Kata kunci: Implementasi,Pendidikan agama Islam Fokus penelitian dalam penulisan sekripsi ini adalah (1) Bagaimana implementasi pendidikan agama Islam di SMP Negeri 01 Panggungrejo. (2) mengapa implementasi pendidikan agama Islam di SMP Negeri 01 Panggungrejo Metode penelitian dalam penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskripsif dan study kasus. Sumber data diperoleh dari tiga macam sumber data yakni people, place, dan paper. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis datanya dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kemudian untuk pengecekan keabsahan data dilakukan melalui ketekunan ketekunan pengamatan, Triangulasi, dan pemeriksaan sejawat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Dalam melakukan pembelajaran pendidikan agama Islam, guru biasanya melakukan persiapan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Implementasinya adalah guru mata pelajaran pendidikan agama Islam selalu melakukan persiapan sebelum melakukan pembelajaran yang tertuang dalam SILABUS dan RPP. (2) Dalam pelaksanaan pembelajaran, pembelajaran pendidikan agama Islam di dalam kelas yang ada di SMP Negeri01 Panggungrejo dilakukan dengan menggunakan menggunakan lebih dari satu metode. Hal ini berarti guru tersebut menggunakan banyak metode pembelajaran. Dalam hal penyediaan materi pembelajaran, guru mulai melakukan sebuah strategi yaitu inovasi dalam penyediaan materi pembelajaran, misalnya dengan membuat materi sendiri dan mencatatkannya. Dalam hal penggunaan media pembelajaran, guru mata pelajaran pendidikan agama islam hanya memakai media pembelajaran yang berupa papan tulis dan buku atau berupa alat pembelajaran yang kurang menarik motivasi siswa untuk lebih giat dalam belajar. Dalam hal evaluasi pembelajaran yang dilaksanakan di SMP Negeri 01 Panggungrejo, dilakukan per Kompetensi Dasar, namun tidak hanya melalui evaluasi tertulis, tetapi juga evaluasi lisan dan praktek. Dan pelaksanaan pendidikan agama Islam di luar yang ada di SMP Negeri 01 Panggungrejo meliputi: kegiatan seni baca tulis Al-qur’an, pondok romadhon, istighosah, dan peringatan hari besar Islam.(3) bahwa adanya peraturan dari DEPAG maupun dari pihak guru untuk melaksanakan PAI di kelas maupun di luar kelas.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | supri ani |
Date Deposited: | 15 Dec 2015 01:42 |
Last Modified: | 15 Dec 2015 01:42 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2904 |
Actions (login required)
View Item |