STRATEGI KOMUNIKASI KEPALA MADRASAH DALAM PENGELOLAAN LEMBAGA (Studi Multikasus di MTsN 4, MTsN 6, dan MTsN 7 Tulungagung)

MAHFUD EFENDI, 12501175014 (2022) STRATEGI KOMUNIKASI KEPALA MADRASAH DALAM PENGELOLAAN LEMBAGA (Studi Multikasus di MTsN 4, MTsN 6, dan MTsN 7 Tulungagung). [ Disertasi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (968kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (381kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (955kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (289kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (362kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (787kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (258kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (265kB)

Abstract

ABSTRAK Disertasi berjudul “Strategi Komunikasi Kepala Madrasah dalam Pengelolaan Lembaga: Studi Multikasus di MTsN 4, MTsN 6, dan MTsN 7 Tulungagung” ini ditulis oleh Mahfud Efendi dengan Promotor Prof. Dr. H. Mujamil Qomar, M.Ag. dan Prof. Dr. H. Imam Fuadi, M.Ag. Kata Kunci : Kepemimpinan, Komunikasi, Transformasi, Manajemen Kepala madrasah berperan sebagai pemimpin sekaligus manajer pada lembaga pendidikan Islam. Seorang pemimpin menggerakkan pengikutnya untuk mencapai visi, misi, dan tujuan. Selain itu, mengelola sumber daya manusia untuk mewujudkan keunggulan lembaga merupakan tugas seorang manajer. Komunikasi yang efektif dibutuhkan agar program dan kegiatan berjalan optimal. Namun, penelitian pendahuluan menunjukkan bahwa komunikasi kepemimpinan kadang berjalan kurang baik dan sesuai konteksnya. Fokus penelitian ini adalah strategi komunikasi kepemimpinan dalam upaya pengelolaan lembaga. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) merumuskan konsep tentang strategi komunikasi formal dan informal kepala madrasah dalam pengelolaan lembaga; (2) merumuskan konsep tentang strategi komunikasi informatif, instruktif, dan persuasif kepala madrasah dalam pengelolaan lembaga; dan (3) merumuskan konsep tentang strategi komunikasi transformatif kepala madrasah dalam pengelolaan lembaga. Penelitian ini merupakan studi analisis deskriptif dengan desain Multikasus. Pendekatan interaksionisme simbolik digunakan dengan latar penelitian alami pada MTsN 4, MTsN 6, dan MTsN 7 Tulungagung. Data diambil dari para informan dengan teknik bola salju dan sampel bertujuan. Metode pengumpulan data terdiri atas observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Tahap analisis data meliputi kondensasi data, penyajian data, dan analisis data. Pengecekan keabsahan data menggunakan validitas internal, dependabilitas, konfirmabilitas, kecukupan referensial, analisis kasus negatif, dan ketekunan penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Kepala madrasah menggunakan jalur dan luar jalur hierarki kekuasaan untuk berkomunikasi formal dan informal dengan kecenderungan berbeda berdasarkan teknik, aliran arus informasi, cara penyampaian, saluran/media, dan konteks; (2) Kepala madrasah menggunakan teknik komunikasi sesuai tujuan: informatif untuk menyampaikan informasi kedinasan, teknik instruktif untuk memberikan perintah atau tugas dinas, dan teknik persuasif untuk memengaruhi, membujuk, dan mengajak pada peningkatan kinerja; (3) Kepala madrasah menggunakan komunikasi transformatif untuk mengubah wawasan, pemahaman, dan tindakan bawahan untuk mencapai visi, misi, dan tujuan lembaga dengan memperhatikan unsur 6-IF dan 1-SI dalam setiap komunikasi kepemimpinannya.

Item Type: Disertasi
Subjects: Kepemimpinan
Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Pendidikan Islam
Ilmu Komunikasi
Divisions: Pascasarjana > Disertasi > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Dr. 12501175014 MAHFUD EFENDI
Date Deposited: 29 Jul 2022 07:14
Last Modified: 30 Mar 2023 01:51
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29191

Actions (login required)

View Item View Item