STRATEGI PEMBELAJARAN DALAM MENERAPKAN PENDIDIKAN KARAKTER DI MADRASAH IBTIDAIYAH (Studi Multi Situs di MI Miftahul Huda Wonorejo Gandusari dan MI Hidayatul Mubtadiin Sukorame Gandusari Trenggalek)

choirul masulin, choirul (2015) STRATEGI PEMBELAJARAN DALAM MENERAPKAN PENDIDIKAN KARAKTER DI MADRASAH IBTIDAIYAH (Studi Multi Situs di MI Miftahul Huda Wonorejo Gandusari dan MI Hidayatul Mubtadiin Sukorame Gandusari Trenggalek). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (496kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (89kB) | Preview
[img] Text
Daftar Rujukan, Lampiran.pdf

Download (156kB)
[img]
Preview
Text
Pre.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Sampul.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EXECUTIVE SUMMARY TESIS.pdf

Download (215kB) | Preview

Abstract

Tesis dengan judul “Strategi Pembelajaran dalam Menerapkan Pendidikan Karakter di Madrasah Ibtidaiyah (Studi Multi Situs di MI Miftahul Huda Wonorejo Gandusari dan MI Hidayatul Mubtadiin Sukorame Gandusari Trenggalek)” ini ditulis oleh Choirul Masulin dengan dibimbing oleh Dr. H. Akhyak, M.Ag dan Dr. Ngainun Naim, M.HI. Kata kunci: Strategi Pembelajaran, Pendidikan Karakter. Penelitian dalam tesis ini dilatarbelakangi adanya keprihatinan terhadap terjadinya degradasi karakter bangsa. Bangsa Indonesia yang terkenal dengan bangsa yang memangku budaya ketimuran, kini generasi mudanya lebih condong kepada budaya barat. Bahkan sekarang muncul berbagai penyimpangan, salah satunya merebaknya korupsi yang melibatkan berbagai orang dan lembaga. Untuk memperbaiki hal itu, dapat dilakukan melalui proses pendidikan yang diformulasikan dalam pendidikan karakter. Guru merupakan faktor yang besar peranannya dalam keberhasilan pendidikan. Dengan strategi pembelajaran yang tepat, diharapkan pendidikan karakter dapat berhasil secara maksimal. Pertanyaan penelitian dalam penulisan tesis ini adalah: (1) Bagaimana strategi pembelajaran guru dalam menerapkan pendidikan karakter melalui penetapan spesifikasi dan kualifikasi perubahan tingkah laku kepribadian siswa di MI Miftahul Huda Wonorejo dan MI Hidayatul Mubtadiin Sukorame Gandusari Trenggalek? (2) Bagaimana strategi pembelajaran guru dalam menerapkan pendidikan karakter melalui pemilihan sistem pendekatan pembelajaran di MI Miftahul Huda Wonorejo dan MI Hidayatul Mubtadiin Sukorame Gandusari Trenggalek? (3) Bagaimana strategi pembelajaran guru dalam menerapkan pendidikan karakter melalui pemilihan dan penetapan metode dan teknik pembelajaran di MI Miftahul Huda Wonorejo dan MI Hidayatul Mubtadiin Sukorame Gandusari Trenggalek? (4) Bagaimana strategi pembelajaran guru dalam menerapkan pendidikan karakter melalui penetapan norma-norma dan batas minimal standar keberhasilan sebagai evaluasi pembelajaran di MI Miftahul Huda Wonorejo dan MI Hidayatul Mubtadiin Sukorame Gandusari Trenggalek?. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis multi situs, lokasinya di MI Miftahul Huda Wonorejo Gandusari dan MI Hidayatul Mubtadiin Sukorame Gandusari Trenggalek, sumber datanya data primer dan sekunder, teknik pengumpulan datanya observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk menghindari kesalahan dalam peneltian ini, maka diadakan pengecekan keabsahan data dengan perpanjangan kehadiran, triangulasi, dan member chek. Kemudian data tersebut dianalisis dengan menggunakan analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan verifikasi. Dari hasil penelitian ini, penulis menyimpulkan bahwa: (1) Strategi penetapan spesifikasi dan kualifikasi perubahan tingkah laku dilaksanakan melalui perumusan spesifikasi dan kualifikasi perubahan tingkah laku ke dalam tujuan madrasah. Selanjutnya hasil rumusan yang dihasilkan sama-sama direview dan dievaluasi secara rutin tiap tahun, dengan penekanan pada kekhasan yang dimiliki masing-masing lembaga. (2) Strategi pemilihan sistem pendekatan pembelajaran dilaksanakan dengan cara mengintegrasikan ke dalam pembelajaran dan kultur madrasah secara komprehensif, dengan melibatkan seluruh stake holder pendidikan, dan memaksimalkan peran guru sebagai model dalam penanaman nilai. (3) Strategi pemilihan metode dan teknik pembelajaran dilaksanakan dengan penggunaan metode dan teknik yang variatif, memodifikasi dan memperkaya bahan pembelajaran, dan pengembangan situasi belajar yang memfasilitasi praktik pendidikan karakter melalui pembiasaan, kepatuhan dan keteladanan. (4) Strategi penetapan norma-norma dan batas minimal standar keberhasilan dilaksanakan dengan cara: merumuskan norma-norma dan batas minimal ke dalam Kriteria Ketuntasan Minimal tiap mata pelajaran guna pembentukan dasar religius yang kuat pada pribadi siswa serta dapat mendukung peran guru dalam melaksanakan evaluasi pembelajaran melalui authentic Assesment.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Ilmu Pendidikan Dasar Islam
Depositing User: choirul choirul choirul masulin
Date Deposited: 07 Dec 2015 02:52
Last Modified: 07 Dec 2015 02:52
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2922

Actions (login required)

View Item View Item