MUHAMMAD SYAFI'UL ANAM, 12201183490 (2022) PEMANFAATAN MASJID SEBAGAI SUMBER BELAJAR FIQIH DI MTS PSM (PESANTREN SABILIL MUTTAQIEN) MTS PSM TANEN REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (653kB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (351kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (281kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (428kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (586kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (445kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (342kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (316kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (290kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pemanfaatan Masjid Sebagai Sumber Belajar Fiqih Di MTs PSM (Pesantren Sabilil Muttaqien) Tanen Rejotangan Tulungagung” ini ditulis oleh Muhammad Syafi’ul Anam, NIM. 12201183490 dan dibimbing oleh Dr. Anissatul Mufarokah, S.Ag., M.Pd. Kata Kunci: Pemanfaatan Masjid, Sumber Belajar, dan Pembelajaran Fiqih. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemanfaatan fasilitas masjid sebagai sumber belajar fiqih di kalangan sekolah atau madrasah. Banyak masjid sekolah atau madrasah yang hanya digunakan sebagai tempat ibadah saja padahal masjid bisa digunakan sebagai sumber belajar fiqih. Maka dari itu perlu adanya upaya untuk mengoptimalkan pemanfaatan fasilitas masjid sebagai sumber belajar fiqih di sekolah ataupun madrasah. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) bagaimana rencana program pemanfaatan masjid sebagai sumber belajar fiqih di MTs PSM Tanen Rejotangan Tulungagung? (2) bagaimana pelaksanaan pemanfaatan masjid sebagai sumber belajar fiqih di MTs PSM Tanen Rejotangan Tulungagung? (3) bagaimana hasil pemanfaatan masjid sebagai sumber belajar fiqih di MTs PSM Tanen Rejotangan Tulungagung? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsiskan rencana program pemanfaatan masjid sebagai sumber belajar fiqih di MTs PSM Tanen Rejotangan Tulungagung (2) untuk mendeskripsikan pelaksanaan pemanfaatan masjid sebagai sumber belajar fiqih di MTs PSM Tanen Rejotangan Tulungagung (3) untuk mendeskripsikan hasil pemanfaatan masjid sebagai sumber belajar fiqih di MTs PSM Tanen Rejotangan Tulungagung. Dalam penelitian ini digunakan metode penelitian kualitatif deskripstif dan studi kasus. Peneliti hadir di lokasi MTs PSM Tanen Rejotangan Tulungagung dan mengumpulkan data dengan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Selanjutnya peneliti menganalisis data dengan melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan atau verifikasi data. Untuk pengecekan keabsahan data dengan teknik uji kredibilitas yaitu triangulasi metode dan sumber, memperpanjang pengamatan, dan ketekukan atau keajaegan pengamatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) rencana program pemanfaatan masjid sebagai sumber belajar fiqih di MTs PSM Tanen Rejotangan Tulungagung yaitu dengan membuat rancangan kegiatan formal [kegiatan MTs] dan non formal [kegiatan Ponpes PSM] mulai membuat rencana kegiatan, menyusun jadwal, melengkapi sarana prasana, dan membuat kepengurusan di masjid, (2) pelaksanaan kegiatan formal sesuai jadwal [ pukul 06.30 s.d. 12-30] dengan tanggung jawab penuh guru yang bersanggutan, dan kegiatan non formal dilaksanakan dengan kerjasama antara guru MTs dengan ustadz Ponpes PSM mulai pukul 16.00 s.d. 06.00. (3) Adapun hasilnya yaitu menjadi pembiasaan ibadah bagi peserta didik, menjadi suasana baru dalam pelaksanaan pembelajaran fiqih, dan menambah wawasan ilmu dan pemahaman peserta didik tentang pembelajaran fiqih.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12201183490 Muhammad Syafi'ul Anam |
Date Deposited: | 24 Aug 2022 07:27 |
Last Modified: | 24 Aug 2022 07:27 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29227 |
Actions (login required)
View Item |