STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN DAYA TARIK PENGUNJUNG DI WISATA MBALONG KAWUK DESA SUMBEREJO KULON KECAMATAN NGUNUT KABUPATEN TULUNGAGUNG

VIVI DWI PUJAWATI, 12405183081 (2022) STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN DAYA TARIK PENGUNJUNG DI WISATA MBALONG KAWUK DESA SUMBEREJO KULON KECAMATAN NGUNUT KABUPATEN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (17MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (68kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (80kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (33kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (815kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (34kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (17kB) | Preview

Abstract

BSTRAK Skripsi yang berjudul “Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Daya Tarik Pengunjung di Wisata Mbalong Kawuk Desa Sumberejo Kulon Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung” ditulis oleh Vivi Dwi Pujawati, NIM. 12405183081, Program Studi Manajemen Bisnis Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, pembimbing Siswahyudianto, M.M. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh program Pemprov Jawa Timur yaitu one village one CEO BUMdes, di Desa Sumberejo Kulon, Kecamatan Ngunut merupakan salah satu kecamatan yang berada di Kabupaten Tulungagung, hal ini didukung oleh ketersediaannya potensi wisata alam yang sangat beragam. Maka, Pemerintah Desa dan masyarakat memiliki inisiatif untuk menjadikan lahan luas terbengkali di area persawahan tersebut sebagai wisata yang menyediakan berbagai makanan, minuman, dan permainan bagi anak-anak. Fokus penelitian ini meliputi : (1) menganalisa strategi pemasaran dalam bauran marketing mix pada wisata Mbalong Kawuk dalam meningkatkan daya tarik pengunjung, (2) menganalisis kendala yang dialami oleh pengelola Wisata Mbalong Kawuk, (3) menganalisa dampak adanya strategi pemasaran dalam bauran marketing mix pada wisata Mbalong Kawuk dalam meningkatkan daya tarik pengunjung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang menitik beratkan terhadap kualitas dan memiliki spesifikasi alamiah atau apa adanya dari kejadian yang terjadi. Teknik yang digunakan bersifat deskriptif yang artinya mencari fakta dengan interprestasi yang tepat, bersifat komprehensif dan dinamis, serta dilakukan melalui wawancara mendalam. Hasil penelitian Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Daya Tarik Pengunjung Wisata Mbalong Kawuk yaitu dengan cara menerapkan strategi 4P yaitu (1) menyediakan berbagai kuliner dan permainan anak dengan mempertimbangkan harga, agar konsumen tidak terlalu keberatan untuk membelinya, dan menjadikan tempat yang nyaman bagi keluarga maupun anakanak, melakukan promosi dengan cara memperkenalkan diri di sosial media dan juga mengadakan event yang bekerjasama dengan pihak lain. (2) Kendala strategi pemasaran dalam meningkatkan daya tarik pengunjung wisata mbalong kawuk yaitu produk yang dijual berupa makanan basah tidak dapat bertahan lama, tempat parkir kurang luas, sering mendapat protes tentang harga yang tidak menentu, saat hujan bebepa jalan banjir. (3) Dampak yang terjadi setelah dilakukannya strategi pemasaran dalam meningkatkan daya tarik pengunjung Wisata Mbalong Kawuk yaitu memaksimalkan lahan kosong terbengkalai dan perekonomian meningkat serta mengurangi pengangguran. Kata Kunci: Strategi marketing mix, Daya Tarik Pengunjung, Wisata Mbalung Kawuk

Item Type: Skripsi
Subjects: Pariwisata > Obyek Wisata
Ekonomi > Strategi Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: 12405183081 Vivi Dwi Pujawati
Date Deposited: 18 Aug 2022 03:30
Last Modified: 18 Aug 2022 03:30
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29555

Actions (login required)

View Item View Item