“PERAN USTADZ-USTADZAH DALAM MENANGANI KESULITAN BELAJAR SANTRI PADA PEMBELAJARAN METODE IQRO’ DI TPQ NURUL HUDA GOBET KASEMBON-MALANG”

SOFI LAILATUR ROSYADA, 12201183454 (2022) “PERAN USTADZ-USTADZAH DALAM MENANGANI KESULITAN BELAJAR SANTRI PADA PEMBELAJARAN METODE IQRO’ DI TPQ NURUL HUDA GOBET KASEMBON-MALANG”. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (342kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (169kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (331kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (550kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (218kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (669kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (324kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (171kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (239kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peran Ustadz-Ustadzah dalam Menangani Kesulitan Belajar Santri pada Pembelajaran Metode Iqro’ di TPQ Nurul Huda Gobet Kasembon-Malang” ini ditulis oleh Sofi Lailatur Rosyada, Pendidikan Agama Islam (PAI), NIM 12201183454 Tahun 2022 dibimbing oleh Dr. Hj. Luluk Atirotu Zahroh, S.Ag., M.Pd. Kata Kunci: Peran Ustadz-Ustadzah, Kesulitan Belajar Santri, Pembelajaran Metode Iqro Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena bahwa banyak ditemui pada kalangan santri yang mengalami kesulitan belajar Al-Qur’an sehingga memilih untuk tidak meneruskan pendidikannya. Hal itu tentunya disebabkan oleh beberapa faktor baik dari dalam diri santri maupun lingkungan. Padahal penting sekali mempelajari Al-Qur’an sejak dini, dan sangat dikhawatirkan metode belajar yang ada (khususnya metode iqro’) dalam masyarakat tidak sesuai dengan kondisi yang dibutuhkan. Maka, dari itu diperlukan peran ustadz-ustadzah sebagai kunci dari tercapainya tujuan pembelajaran khususnya mampu mengatasi kesulitan belajar santri. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana peran ustadz-ustadzah dalam menangani faktor internal kesulitan belajar santri pada pembelajaran metode iqro’ di TPQ Nurul Huda Gobet Kasembon-Malang?, 2) Bagaimana peran ustadz-ustadzah dalam menangani faktor eksternal kesulitan belajar santri pada pembelajaran metode iqro’ di TPQ Nurul Huda Gobet Kasembon-Malang?. Tujuan ditulisnya skripsi ini untuk mendeskripsikan mengenai: 1) peran ustadz-ustadzah dalam menangani faktor internal kesulitan belajar santri pada pembelajaran metode iqro’ di TPQ Nurul Huda Gobet Kasembon-Malang, 2) peran ustadz-ustadzah dalam menangani faktor eksternal kesulitan belajar santri pada pembelajaran metode iqro’ di TPQ Nurul Huda Gobet Kasembon-Malang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Lokasi penelitian terletak di TPQ Nurul Huda Gobet Kasembon-Malang. Data yang peneliti dapatkan dari Kepala TPQ, Ustadz TPQ, dan santri TPQ. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain observasi, wawancara, dan dokumentasi Paparan dan analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan teknik validitas dan reliabilitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: berdasarkan paparan data dan hasil penelitian maka dapat ditarik kesimpulan bahwa: 1) peran ustadz-ustadzah dalam menangani faktor internal kesulitan belajar santri pada pembelajaran metode iqro’ di TPQ Nurul Huda Gobet Kasembon-Malang adalah sebagai pengajar, pendidik, pembimbing, fasilitator, evaluator, dan motivator. Dengan peran yang dimiliki ustadz-ustadzah itulah mereka berupaya untuk mengatasi hambatan-hambatan dalam belajar dan pembelajaran khususnya kesulitan belajar yang dialami oleh santri pada pribadi santri itu sendiri yang terdiri dari aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. 2) peran ustadz-ustadzah dalam menangani faktor eksternal kesulitan belajar santri pada pembelajaran metode iqro’ di TPQ Nurul Huda Gobet Kasembon-Malang adalah sebagai pengelola pembelajaran di kelas, pemimpin, manajer, melakukan hubungan kerjasama dengan masyarakat, penyambung komunikasi antara santri dan wali santri. Dengan peran yang dimiliki ustadz-ustadzah itulah mereka berupaya untuk mengatasi hambatan-hambatan dalam belajar dan pembelajaran khususnya kesulitan belajar yang dialami oleh santri pada aspek luar pribadi santri atau lingkungan baik itu keluarga, sekolah, maupun masyarakat.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201183454 SOFI LAILATUR ROSYADA
Date Deposited: 18 Aug 2022 03:29
Last Modified: 18 Aug 2022 03:29
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29598

Actions (login required)

View Item View Item