PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS XI MAN 3 BLITAR PADA MATERI LIMIT FUNGSI ALJABAR

WAHYU NURHALIMAH, 12204183108 (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS XI MAN 3 BLITAR PADA MATERI LIMIT FUNGSI ALJABAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (231kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (269kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (411kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (322kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (348kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (181kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (166kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (119kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi yang berjudul “Pengaruh Model Pembelajaran Guided Inquiry terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Peserta Didik Kelas XI MAN 3 Blitar pada Materi Limit Fungsi Aljabar” ini ditulis oleh Wahyu Nurhalimah, NIM. 12204183108, pembimbing Nadya Alvi Rahma, S.Pd., M.Si. Kata kunci : Model Pembelajaran Guided Inquiry, Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis, Limit Fungsi Aljabar. Berpikir kreatif matematis bagi peserta didik merupakan hal yang sangat penting dalam memecahkan masalah. Namun, kenyataanya kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik masih kurang, salah satu penyebabnya adalah model pembelajaran yang digunakan. Model pembelajaran yang diasumsikan mampu mengembangkan kemampuan berpikir kreatif matematis adalah model pembelajaran guided inquiry. Model pembelajaran guided inquiry adalah model pembelajaran yang menekankan pada proses temuan konsep dan hubungan antar konsep dimana peserta didik lebih dominan daripada guru yang terdiri dari menyajikan masalah, membuat hipotesis, merancang percobaan, melakukan percobaan,menganalisis data dan membuat kesimpulan. Model ini dapat membantu peserta didik dalam mengsaui konsep dalam materi sehingga mampu mengembangkan kemampuan berpikir kreatif matematis. Penelitian ini bertujuan : (1) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh antara model pembelajaran guided inqury terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik kelas XI MAN 3 Blitar pada materi limit fungsi aljabar. (2) Untuk mengetahui besar pengaruh model pembelajaran guided inquiry terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik kelas XI MAN 3 Blitar pada materi limit fungsi aljabar. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dan menggunakan jenis penelitian eksperimental dengan model true experimental design, model ini meneliti tentang kemungkinan sebab akibat antar kelompok yang diberi perlakuan dan yang tidak diberi perlakuan lalu kemudian membandingkan antar keduanya. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI MAN 3 Blitar. Teknik pengambilan sampel penelitian adalah purposive sampling . Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIA I dan XI MIA V, dimana kelas XI MIA I sebagai kelas eksperimental berjumlah 27 peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran guided inquiry dan XI MIA V sebagai kelas kontrol yang berjumlah 27 peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan tiga metode pengumpulan data yaitu observasi, tes, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh : (1) Ada pengaruh yang signifikan antara penerapan model pembelajaran guided inquiry terhadapkemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik kelas XI MAN 3 Blitar pada materi lmit fungsi aljabar. Hal ini ditunjukkan dengan nilai

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204183108 WAHYU NURHALIMAH
Date Deposited: 09 Aug 2022 03:56
Last Modified: 09 Aug 2022 03:56
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29627

Actions (login required)

View Item View Item