DIYAH FEBRI AGUSTIN, 12204183185 (2022) ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA PADA MATERI ALJABAR DENGAN MENGGUNAKAN GRADED RESPONSE MODELS (GRM) DI KELAS VII MTs PSM JELI KARANGREJO TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (633kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (166kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (437kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (498kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (499kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (441kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (208kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (308kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Analisis Pemahaman Konsep Matematis Siswa pada Materi Aljabar dengan Menggunakan Graded Response Models (GRM) di Kelas VII MTs PSM Jeli Karangrejo Tulungagung” ini ditulis oleh Diyah Febri Agustin, NIM. 1220183185, dengan dosen pembimbing Miswanto, M. Pd. Kata Kunci: Pemahaman, Aljabar, Graded Response Models (GRM). Penelitian ini dilatarbelakangi karena masih rendahnya pemahaman mengenai konsep matematika yang mengakibatkan hasil belajar matematika siswa cenderung lebih rendah dibandingkan mata pelajaran lain serta tujuan pembelajaran yang belum dapat tercapai secara maksimal. Oleh karena itu, diperlukan kajian mengenai pemahaman konsep matematis siswa dengan menggunakan metode Graded Response Models (GRM). Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pemahaman konsep matematis siswa pada materi aljabar yang ditinjau dari hasil belajar siswa kelompok berkemampuan tinggi, kelompok berkemampuan sedang, dan kelompok berkemampuan rendah kelas VII MTs PSM Jeli Karangrejo Tulungagung. (2) Untuk mengetahui profil pemahaman konsep matematis siswa pada materi aljabar dengan menggunakan Graded Response Models (GRM) di kelas VII MTs PSM Jeli Karangrejo Tulungagung. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Pemilihan subjek berdasarkan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi tes tulis dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan analisis hasil tes dan analisis hasil wawancara menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan temuan dilakukan dengan perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, triangulasi, dan menggunakan bahan referensi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Pertama, pemahaman konsep matematis siswa pada materi aljabar dalam kategori kemampuan tinggi menunjukkan bahwa subjek mampu menyelesaikan soal aljabar yang diberikan dengan baik dan mampu mencapai semua indikator pemahaman konsep matematis. Kedua, pemahaman konsep matematis siswa pada materi aljabar dalam kategori kemampuan sedang menunjukkan bahwa subjek belum terlalu mampu menyelesaikan soal aljabar yang diberikan dengan baik dan hanya mampu mencapai 4 dari 5 indikator pemahaman konsep matematis. Ketiga, pemahaman konsep matematis siswa pada materi aljabar dalam kategori kemampuan rendah menunjukkan bahwa subjek belum mampu menyelesaikan soal aljabar yang diberikan dengan baik dan hanya mampu mencapai 3 dari 5 indikator pemahaman konsep matematis, namun pencapaian tersebut belum sepenuhnya benar dan tepat. (2) Hasil penskoran yang diperoleh dari tes pemahaman konsep matematis siswa sehingga diperolehlah grafik hasil estimasi parameter dengan menggunakan Graded Response Models (GRM) tersebut menaik dari kemampuan siswa paling rendah yaitu θ sampai dengan kemampuan siswa yang paling tinggi yaitu θ untuk masing-masing butir soal.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 12204183185 DIYAH FEBRI AGUSTIN |
Date Deposited: | 22 Aug 2022 04:31 |
Last Modified: | 22 Aug 2022 04:31 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29745 |
Actions (login required)
View Item |