ZARINA SYAIKHOTIN UMMAH, 12206183020 (2022) OPTIMALISASI PERKEMBANGAN KEMAMPUAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK MELALUI PROGRAM PEMBIASAAN JUMAT INFAQ DI TK PLUS HASYIM ASY'ARI PIKATAN. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf.pdf Download (761kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf.pdf Download (235kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf.pdf Download (197kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf.pdf Download (280kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (315kB) |
||
Text
BAB III.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (256kB) |
||
Text
BAB IV.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (726kB) |
||
Text
BAB V.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (308kB) |
||
Text
BAB VI.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (138kB) |
||
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf.pdf Download (76kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Optimalisasi Perkembangan Kemampuan Sosial Emosional Anak Melalui Program Pembiasaan Jumat Infaq Di TK Plus Hasyim Asy’ari Pikatan” ini di tulis oleh Zarina Syaikhotin Ummah, NIM 12206183020, pembimbing Bapak Germino Wahyu Broto, M.Si. Kata kunci : optimalisasi, sosial emosional, infaq. Penelitian dalam skripsi ini di latarbelakangi oleh strategi yang digunakan guru dalam mengoptimalkan perkembang sosial emosional anak. Dimana guru menggunakan program pembiasaan jumat infaq yang hanya ada di TK Plus Hasyim Asy’ari Pikatan. adanya program tersebut, perkembangan sosial emosional anak terlihat berkembang secara baik. Sehingga peneliti tertarik untuk menggali dan mengetahui lebih dalam tentang strategi optimalisasi perkembangan kemampuan sosial emosional anak di TK Plus Hasyim Asy’ari Pikatan. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana perencanaan dan pelaksanaan optimalisasi perkembangan kemampuan sosial emosional anak melalui program pembiasaan jumat infaq Di Tk Plus Hasyim Asy’ari Pikatan?, (2) Bagaimana hasil optimalisasi perkembangan sosial emosional anak melalui program pembiasaan jumat infaq di TK Plus Hasyim Asy'ari Pikatan?, (3) Bagaimana kendala dan cara guru mengatasi kendala yang muncul dalam optimalisasi perkembangan kemampuan sosial emosional anak melalui program pembiasaan jumat infaq Di Tk Plus Hasyim Asy’ari Pikatan?. Pendekatan penelitian menggunakan penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan penemuan menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi, pemeriksaan sejawat. Hasil penelitian yang diperoleh adalah (1) guru melakukan perencanaan dengan membuat RPPH sebelum melaksanakan pembelajaran. Kemudian guru melaksanakan program pembiasaan jumat infaq sesuai RPPH dan mengingatkan anak setiap kamis sebelum pulang melalui pesan-pesan. (2) program pembiasaan jumat infaq berhasil mengoptimalisasikan kemampuan sosial emosional anak, seperti peduli kepada sesama dan orang lain, anak mau berbagi dengan orang lain dengan melakukan jumat infaq, anak dapat bekerja sama dengan teman-temannya. (3) ada dua kendala yaitu anak lupa membawa jumat infaq dan lingkungan anak yang tidak tinggdal dengan orangtua, cara mengatasinya guru mengingatkan anak lagi dan mengirim pamphlet jumat infaq di grup whatsapp kelas.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > PAUD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal |
Depositing User: | mahasiswa 12206183020 zarina syaikhotin ummah |
Date Deposited: | 23 Aug 2022 01:56 |
Last Modified: | 23 Aug 2022 01:56 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29789 |
Actions (login required)
View Item |