STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK dalam MENINGKATKAN KEPRIBADIAN MUSLIM di MTsN 1 KOTA BLITAR

ERWIN HIDAYATI, 17201163118 (2021) STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK dalam MENINGKATKAN KEPRIBADIAN MUSLIM di MTsN 1 KOTA BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (572kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (243kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (307kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (244kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (267kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (222kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru Akidah Akhlak dalam Meningkatkan Kepribadian Muslim di MTsN 1 Kota Blitar”, ditulis oleh Erwin Hidayati, NIM 17201163118, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidian Agama Islam, IAIN Tulungagung Dosen pembimbing: Dr. Asrop Safi‟i, M.Ag. Kata Kunci : Strategi Pembelajaran, Strategi Guru Akidah Akhlak, Kepribadian Muslim, Akidah Akhlak, Pendidikan Islam. Pendidikan Islam bertujuan untuk menanamkan karakter yang baik sehingga akan membentuk seseorang menjadi pribadi yang berkarakter. Sesuai dengan tujuan pendidikan yang sedang dikembangkan sekarang. Guru memiliki kewajiban untuk mengembangkan potensi yang dimiliki peserta didik dan menanamkan karakter yang baik pada peserta didik. Khususnya Guru Agama harus memiliki karakter yang dapat dijadikan contoh untuk peserta didik sehingga pengetahuan agama dan kesadaran peserta didik dalam beragama dapat meningkat. Sebagaimana hal ini telah berlangsung di MTsN Kota Blitar. Strategi yang dapat dilakukan guru dalam pembelajaran yakni melalui penanaman nilai nilai akidah, penanaman nilai-nilai ibadah dan penanaman nilai-nilai akhlak. Adapun fokus yang diambil oleh peneliti adalah: (1) Bagaimana strategi guru Akidah Akhlak dalam menerapkan pembelajaran heuristik untuk meningkatkan kepribadian muslim di MTsN 1 Kota Blitar? (2) Bagaimana strategi guru Akidah Akhlak dalam menerapkan pembelajaran reflektif untuk meningkatkan kepribadian muslim di MTsN 1 Kota Blitar? Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk memaparkan strategi guru Akidah Akhlak dalam menerapkan pembelajaran heuristik untuk meningkatkan kepribadian muslim di MTsN 1 Kota Blitar. (2) Untuk memaparkan strategi guru Akidah Akhlak dalam menerapkan pembelajaran reflektif untuk meningkatkan kepribadian muslim di MTsN 1 Kota Blitar. Dalam penyusunan skirpsi ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Deskriftif dengan lokasi di MTsN Kota Blitar, dengan cara, (1) Observasi (2) Wawancara (3) Dokumentasi. Dengan menggunakan teknis analisis data dengan menggunakan (1) Reduksi Data (2) Penyajian Data (3) Penarikan Kesimpulan. Juga melakukan pengecekan keabsahan data dengan menggunakan (1) Perpanjangan keikutsertaan (2) Ketekunan Pengamatan (3) Triangulasi Kepribadian muslim peserta didik melalui model pembelajaran heuristik yaitu dengan membiasakan anak-anak untuk sholat berjamaah, melakukan sholat dhuha, dimulai dari kegiatan di dalam kelas, membiasakan selalui membaca Alquran sebelum memulai pelajaran. Beberapa cara yang dilakukan guru Akidah Akhlak untuk menumbuhkan Hablum Minannas kepada siswa bila dikaitkan dengan pelajaran Akidah Akhlak dengan cara memberikan pengertian serta contoh kepada siswa. Selain itu, adanya aksi yang nyata maka siswa akan terbiasa. Adanya sebuah materi yang diimbangi oleh aksi yang dilakukan guru dengan baik, akan memberikan dampak langsung maupun tidak langsung. Dalam hal ini, siswa akan menjadi terbiasa dan mudah memahami apa yang diterangkan guru. Kepribadian muslim peserta didik melalui model pembelajaran refleksi dalam pembelajaran Akdah Akhlak pada siklus berjalan dengan baik, senang membantu,toleransi, pemurah, mampu bekerja sama, komunikatif, menyeru kebaikan, mencegah kemungkaran, peduli dan adil. Sedangkan pada diri sendiri mulai membudaya dan teramati dengan baik oleh peneliti seperti: jujur, kerja keras, tegas, sabar, ulet, ceria, teguh, terbuka, visioner, mandiri, kreatif, pemberani, reflektif, tanggung jawab, dan disiplin.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201163118 ERWIN HIDAYATI
Date Deposited: 24 Aug 2022 04:46
Last Modified: 24 Aug 2022 04:46
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29886

Actions (login required)

View Item View Item