Marantika, Suci (2014) Peranan Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Akhlaq Siswa Kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Boyolangu Tulungagung. [ Skripsi ]
|
Text
BAB I.pdf Download (176kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (342kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (283kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (11kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (230kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (145kB) | Preview |
|
|
Text
SAMPUL - ABSTRAK.pdf Download (549kB) | Preview |
Abstract
Kata kunci: Peranan Pendidikan Agama Islam, Pembentukan Akhlaq. Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh krisis akhlak yang menimpa kalangan pelajar terlihat dengan banyaknya keluhan orang tua, ahli didik dan orang-orang yang berkecimpung dalam bidang agama dan sosial, berkenaan dengan ulah sebagian pelajar yang sukar dikendalikan, nakal, keras kepala, sering membuat keonaran, tawuran, mabuk-mabukan, pesta obat-obatan terlarang, bergaya hidup seperti hippies, bahkan sudah melakukan pembajakan, pemerkosaan, pembunuhan dan perilaku kriminal lainnya, sehingga sangat diperlukan peranan mata pelajaran pendidikan agama Islam dalam pembentukan akhlaq yang baik, berkarakter keislaman yang tinggi, sehingga terciptalah nilai-nilai keagamaan pada peserta didik. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah: 1) Bagaimana aktualisasi peranan mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam pembentukan akhlaq siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Boyolangu Tulungagung? 2) Mengapa aktualisasi mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dapat membentuk akhlaq siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Boyolangu Tulungagung? Penelitian ini berdasarkan lokasi sumber datanya termasuk kategori penelitian lapangan, dan ditinjau dari segi sifat-sifat data termasuk dalam penelitian kualitatif, berdasarkan pembahasannya termasuk penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisa data dilakukan mulai dari reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data dilakukan perpanjangan kehadiran, triangulasi dan pembahasan teman sejawat. Hasil Penelitian: 1) Aktualisasi peranan mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam pembentukan akhlaq siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Boyolangu Tulungagung dengan jalan: a) Pembentukan akhlak kepada Tuhan yang diaktualisasikan oleh guru dengan selalu mengajarkan kepada siswanya agar selalu ingat kepada Sang Penciptanya dengan cara menjalankan kewajiban sebagai umat Islam yaitu sholat fardlu karena dengan menjalankan sholat, siswa akan selalu mengingat Allah Maha Esa sehingga mereka akan menjadi anak-anak yang sholeh dan sholehah, b) Pembentukan akhlak kepada sesama siswa diaktualisasikan oleh guru dengan menganjurkan pada siswa agar saling menghormati, saling memaafkan, saling bekerjasama dan tolong menolong, saling mengasihi, dan saling menasehati, c) Pembentukan akhlak kepada diri sendiri diaktualisasikan oleh guru dengan memberikan contoh berperilaku yang baik di lingkungan sekolahnya, selain itu juga selalu berusaha mengingatkan jika mengetahui anak didiknya berbuat hal-hal yang negatif. 2) Aktualisasi mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dapat membentuk akhlaq siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Boyolangu Tulungagung dengan jalan guru dapat membentuk xiv akhlaq siswa melalui metode yang digunakan yaitu metode dengan cara langsung dilakukan dengan memberikan suri tauladan yang baik dan membiasakan untuk berakhlakul karimah, dan tidak langsung, dilakukan dengan menggunakan kisah-kisah yang mengandung nilai akhlak dan kebiasaan atau latihan-latihan peribadatan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Endang Rifngati S.Sos |
Date Deposited: | 03 Dec 2014 03:13 |
Last Modified: | 03 Dec 2014 03:13 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/299 |
Actions (login required)
View Item |