YUGO PRATAMA PRAWIRO HERLIANTO, 17204153164 (2022) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPEN ENDED SPLDV DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA DI SMPN 1 KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (398kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (286kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (337kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (395kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (336kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (324kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (163kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (313kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dalam Menyelesaikan Soal Open ended SPLDV Ditinjau dari Kemampuan Awal Siswa di SMPN 1 Kalidawir” ini ditulis oleh Yugo Pratama Prawiro H, NIM 17204153164, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, dibimbing oleh Beni Asyhar, S.Si., M.Pd.. Kata Kunci: Berpikir Kreatif Matematis, Soal Open Ended, Kemampuan Awal Siswa, Kemampuan berpikir kreatif matematis seorang siswa merupakan sebuah langkah awal untuk meraih keberhasilan dalam pembelajaran, yaitu berhubungan dengan soal matematika open ended dalam arti yang sempit, serta dapat terlatihnya siswa menjadi seseroang yang cerdas dan mampu memenfaatkan kemampuannya untuk menjalani kehidupan sehari-harinya sebagai makhluk sosial. Sehingga penting bagi siswa untuk memiliki kemampuan berpikir kreatif matematis. Oleh karena itu, Peneliti memberikan perhatian pada kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dengan melakukan penelitian ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk : (1) mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa berkemampuan rendah dalam menyelesaikan soal open ended SPLDV; (2) mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa berkemampuan sedang dalam menyelesaikan soal open ended SPLDV; (3) mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa berkemampuan tinggi dalam menyelesaikan soal open ended SPLDV; Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini terdiri dari 6 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan wawancara. Sedangkan tahap analisis data yang digunakan yaitu meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Kemampuan berpikir kreatif matematis siswa berkemampuan rendah dalam menyelesaikan soal open ended SPLDV hanya dapat memenuhi indikator flexibility (keluwesan) yaitu dalam menyelesaikan soal nomor 1 saja dan tidak memenuhi kriteria fluency (kefasihan), originality (keaslian) serta elaboration (elaborasi); (2) Kemampuan berpikir kreatif matematis siswa berkemampuan sedang dalam menyelesaikan soal open ended SPLDV dapat memenuhi indikator flexibility (keluwesan) yaitu dalam menyelesaikan soal nomor 1 dan 2 serta memenuhi indikator originality (keaslian) serta elaboration (elaborasi) untuk soal nomor 2 saja. Sedangkan siswa yang lainnya dengan kemampuan awal sedang tidak memenuhi ketiga indicator; (3) Kemampuan berpikir kreatif matematis siswa berkemampuan tinggi dalam menyelesaikan soal open ended SPLDV dapat memenuhi semua indikator dalam berpikir kreatif diantaranya adalah fluency (kefasihan), flexibility (keluwesan), originality (keaslian) serta elaboration (elaborasi) pada soal nomor 1 dan 2.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 17204153164 YUGO PRATAMA PRAWIRO HERLIANTO |
Date Deposited: | 25 Aug 2022 08:45 |
Last Modified: | 25 Aug 2022 08:45 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/30009 |
Actions (login required)
View Item |