ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPEN ENDED SPLDV DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA DI SMPN 1 KALIDAWIR TULUNGAGUNG

YUGO PRATAMA PRAWIRO HERLIANTO, 17204153164 (2022) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPEN ENDED SPLDV DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA DI SMPN 1 KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (398kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (337kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (395kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (336kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (324kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (163kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (313kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dalam Menyelesaikan Soal Open ended SPLDV Ditinjau dari Kemampuan Awal Siswa di SMPN 1 Kalidawir” ini ditulis oleh Yugo Pratama Prawiro H, NIM 17204153164, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, dibimbing oleh Beni Asyhar, S.Si., M.Pd.. Kata Kunci: Berpikir Kreatif Matematis, Soal Open Ended, Kemampuan Awal Siswa, Kemampuan berpikir kreatif matematis seorang siswa merupakan sebuah langkah awal untuk meraih keberhasilan dalam pembelajaran, yaitu berhubungan dengan soal matematika open ended dalam arti yang sempit, serta dapat terlatihnya siswa menjadi seseroang yang cerdas dan mampu memenfaatkan kemampuannya untuk menjalani kehidupan sehari-harinya sebagai makhluk sosial. Sehingga penting bagi siswa untuk memiliki kemampuan berpikir kreatif matematis. Oleh karena itu, Peneliti memberikan perhatian pada kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dengan melakukan penelitian ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk : (1) mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa berkemampuan rendah dalam menyelesaikan soal open ended SPLDV; (2) mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa berkemampuan sedang dalam menyelesaikan soal open ended SPLDV; (3) mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa berkemampuan tinggi dalam menyelesaikan soal open ended SPLDV; Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini terdiri dari 6 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan wawancara. Sedangkan tahap analisis data yang digunakan yaitu meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Kemampuan berpikir kreatif matematis siswa berkemampuan rendah dalam menyelesaikan soal open ended SPLDV hanya dapat memenuhi indikator flexibility (keluwesan) yaitu dalam menyelesaikan soal nomor 1 saja dan tidak memenuhi kriteria fluency (kefasihan), originality (keaslian) serta elaboration (elaborasi); (2) Kemampuan berpikir kreatif matematis siswa berkemampuan sedang dalam menyelesaikan soal open ended SPLDV dapat memenuhi indikator flexibility (keluwesan) yaitu dalam menyelesaikan soal nomor 1 dan 2 serta memenuhi indikator originality (keaslian) serta elaboration (elaborasi) untuk soal nomor 2 saja. Sedangkan siswa yang lainnya dengan kemampuan awal sedang tidak memenuhi ketiga indicator; (3) Kemampuan berpikir kreatif matematis siswa berkemampuan tinggi dalam menyelesaikan soal open ended SPLDV dapat memenuhi semua indikator dalam berpikir kreatif diantaranya adalah fluency (kefasihan), flexibility (keluwesan), originality (keaslian) serta elaboration (elaborasi) pada soal nomor 1 dan 2.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204153164 YUGO PRATAMA PRAWIRO HERLIANTO
Date Deposited: 25 Aug 2022 08:45
Last Modified: 25 Aug 2022 08:45
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/30009

Actions (login required)

View Item View Item