choirul anam, 3211113051 (2015) SKRIPSI CHOIRUL ANAM NIM: 3211113051 STRATEGI GURU MADRASAH DINIYAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS BACA AL-QUR’AN SISWA DI ASRAMA PUTRI PONDOK PESANTREN HIDAYATUL MUBTADI’IN NGUNUT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
BAB_I.rtf Download (160kB) |
|
Text
BAB II.rtf Download (582kB) |
|
Text
BAB III.rtf Download (120kB) |
|
Text
BAB IV.rtf Download (211kB) |
|
Text
BAB V.rtf Download (171kB) |
|
Text
cover-abstrak.rtf Download (5MB) |
|
Text
daftar pustaka.rtf Download (114kB) |
|
Text
lampiran-lampiran.docx Download (407kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru Madrasah dalam Meningkatkan Kualitas Membaca Al-Qur’an di Madrasah Diniyah Asrama Putri pondok pesantren Hidayatul Mubtadi’in Ngunut Tulungagung” ini ditulis oleh Choirul Anam, NIM. 3211113051, pembimbing Fathul Mujib, M. Ag. Kata kunci: Strategi guru Agama Islam, Kualitas membaca Al-Qur’an. Penelitian ini dilatar belakangi oleh strategi guru Madrasah Diniyah dalam meningkatkan kualitas membaca Al-Qur’an siswa. Karena Dengan mudah dijumpai anak-anak dan remaja muslim yang belum mampu membaca Al-Qur’an. Padahal Al-Qur’an diakui sebagai kitab sucinya dan menjadi pedoman hidup sehari-hari. Saat ini, anak-anak lebih disibukkan dengan sekolahnya serta kegiatan lainnya, sehingga banyak sekali anak-anak muslim lulusan sekolah menengah yang masih buta huruf terhadap Al-Qur’an bagi umat Islam. Maka untuk itu, guru madrasah Asrama Putri pondok pesantren Hidayatul Mubtadi’in mempunyai strategi-strategi dalam mengajar membaca Al-Qur’an sebagai bekal untuk kelangsungan hidup dan mempertahankan nilai-nilai Agama Islam dimasa mendatang. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1.Bagaimana strategi guru dalam meningkatkan pemahaman hukum bacaan serta penerapannya membaca Al-Qur’an siswa di Madrasah Diniyah Asrama Putri ponpes Hidayatul Mubtadi’in Ngunut Tulungagung?2.Bagaimana strategi Guru dalam meningkatkan kualitas melancarkan membaca bacaan Al-Qur’an siswa di Madrasah Diniyah Asrama Putri ponpes Hidayatul Mubtadi’in Ngunut Tulungagung? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah : 1. Untuk mengetahui Bagaimana strategi guru dalam meningkatkan pemahaman hukum bacaan serta penerapannya membaca Al-Qur’an siswa di Madrasah Diniyah Asrama Putri ponpes Hidayatul Mubtadi’in Ngunut Tulungagung.2.Untuk mengetahui strategi Guru dalam meningkatkan kualitas melancarkan membaca bacaan Al-Qur’an siswa di Madrasah Diniyah Asrama Putri Ponpes Hidayatul Mubtadi’in Ngunut Tulungagung. penelitian yang digunakan adalah menggunakan pendekatan kualitatif sedangkan Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah deskriptif yang berusaha mendiskripsikan dan menginterprestasikan data yang ada. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan metode induktif yang digunakan untuk mengelola data kualitiatif, dengan prosedur analisis data kedalam 3 langkah meliputi tahap reduksi data, sajian data (display data), menarik kesimpulan dan verifikasi. Hasil dari penelitian yang dilakukan oleh peneliti dapat disampaikan disini bahwa: Pertama, Strategi guru dalam meningkatkan pemahaman hukum bacaan serta penerapannya membaca Al-Qur’an siswa di Madrasah Diniyah Asrama Putri ponpes Hidayatul Mubtadi’in Ngunut Tulungagung. Dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran, menggunakan strategi lama/tradisional karena kental dengan sebutan salafiyahnya yaitu menggunakan metode wetonan/bandungan, metode ceramah dan juga hafalan. Selain dari strategi salaf juga menggunakan strategi yang berkembang di kalangan umum, dengan mengadopsi strategi pembelajaran yang ada di masyarakat seperti strategi pembelajaran inkuiri. Kedua Strategi Guru dalam meningkatkan kualitas melancarkan membaca bacaan Al-Qur’an siswa di Madrasah Diniyah Asrama Putri Ponpes Hidayatul Mubtadi’in Ngunut Tulungagung. Untuk melancarkan kualitas membaca Al-Qur’an dengan baik, maka strategi yang dilakukan di Ustad/Guru Madrasah Asrama Putri Sunan Pandanaran PPHM yaitu diajarkan secara khusus di dalam madrasah Al-Qur’an dengan menggunakan metode yanbu’a dan juga metode sorogan, selain dari metode tersebut juga melalui pembiasaan, dengan diadakannya kegiatan-kegiatan yang selalu berhubungan dengan membaca Al-Qur’an.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | skripsi 3211113051 choirul anam |
Date Deposited: | 21 Dec 2015 03:40 |
Last Modified: | 21 Dec 2015 03:40 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3080 |
Actions (login required)
View Item |