ISNA NIHAYATUS SHOLIHAH, 12204173185 (2022) PERBEDAAN KEMAMPUAN MATEMATIS PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL KELAS VII ANTARA SISWA TAHFIDZ DAN SISWA BILINGUAL DI MTs DARUL HIKMAH KEDUNGWARU. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (903kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (464kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (148kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (315kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (322kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (412kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (579kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (262kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (378kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Isna Nihayatus Sholihah, 12204173185, 2021 “Perbedaan Pemahaman Konsep Matemastis Siswa Pada Materi Aritmatika Sosial Kelas VII Antara Siswa Tahfdz dan Siswa Bilingual di MTs Darul Hikmah Kedungwaru”. Skipsi, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung. Pembimbing : Arbaul Fauziah, M.Si Kata Kunci : Aritmatika Sosial, Bilingual, Konsep Matematis, Tahfidz, Siswa di MTs Darul Hikmah Kedungwaru terdiri dari dua kategori yaitu kelas tahfidz dan kelas bilingual. Sedangkan kedua kelas tersebut memiliki perbedaan kegiatan harian, jadwal kegiatan siswa di asrama, maupun lingkungannya. Perbedaan kegiatan tersebut diasumsikan menyebabkan perbedaan kemampuan dalam memecahkan persoalan tentang konsep matematis pada suatu materi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pemahaman konsep matematis siswa pada materi aritmatika sosial kelas VII antara kelas tahfidz dan kelas bilingual di MTs Darul Hikmah Kedungwaru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa di MTs Darul Hikmah Kedungwaru kelas tahfidz dan kelas bilingual. Sampel diperoleh dengan cara teknik sampling (purposive sampling). Teknik pengumpulan yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman konsep matematis siswa pada materi aritmatika sosial kelas VII antara kelas tahfidz dan kelas bilingual mengalami perbedaan. Perbedaan tersebut ditunjukkan dengan perolehan nilai tes tulis kelas tahfidz yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelas bilingual. Nilai tes pada kelas tahfidz menunjukkan kategori nilai sangat baik (84-94) sedangkan nilai tes tulis pada kelas bilingual menunjukkan kategori nilai yang sangat rendah (14-37). Rendahnya nilai yang diperoleh siswa kelas bilingual ditunjukkan dengan masih belum mampunyai siswa dalam memahami konsepmatematis sesuai indikator. Selain itu juga terlihat dari hasil penyelesaian beberapa soal tes yang belum mampu dijawab. Sehingga dapat disimpulkan adanya perbedaan perbedaan pemahaman konsep matematis siswa pada materi aritmatika sosial kelas VII antara kelas tahfidz dan kelas bilingual di MTs Darul Hikmah Kedungwaru.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 12204173185 ISNA NIHAYATUS SHOLIHAH |
Date Deposited: | 11 Oct 2022 02:17 |
Last Modified: | 11 Oct 2022 02:17 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/31142 |
Actions (login required)
View Item |