DIDIN SIROJUDIN, 12501185045 (2021) MANAJEMEN PEMBINAAN PESERTA DIDIK DALAM PENGUATAN KARAKTER RELIGIUS PADA LEMBAGA PENDIDIKAN BERBASIS PONDOK PESANTREN (Studi Multi kasus di MTsN 3 Jombang dan SMPN 3 Peterongan Jombang). [ Disertasi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (572kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (133kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (351kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (499kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (528kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (29kB) |
||
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (319kB) | Preview |
Abstract
Sirojudin, Didin 2021, Manajemen Pembinaan Peserta Didik dalam Penguatan Karakter Religius Pada Lembaga Pendidikan Berbasis Pondok Pesantren (Studi Multi Kasus di MTsN 3 Jombang dan SMPN 3 Peterongan Jombang). Disertasi, Program Doktor Manajemen Pendidikan Islam Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Promotor I: Prof. Dr. Imam Fuadi, M.Ag., Promotor II: Prof. Dr. Abad Badruzzaman. LC. Kata Kunci: Manajemen Pembinaan Peserta Didik, Karakter Religius, Pendidikan berbasis pesantren Peserta didik memiliki karakteristik dan kemampuan, potensi serta bakat minat yang berbeda. Namun kemampuan yang dimiliki peserta didik masih perlu dikembangkan dan digali dengan kontinu dan melalui pembinaan yang serius dari lembaga pendidikan tertentu. Agar peserta didik dapat tumbuh dan berkembang sesuai dengan potensi fisik, kecerdasan intelektual, sosial, emosional, dan kejiwaannya, manajemen peserta didik dalam sebuah lembaga pendidikan sangat diperlukan. Manajemen peserta didik berupaya mengisi kebutuhan akan layanan yang baik, terencana dan terlaksana sesuai dengan visi dan misi lembaga mulai dari peserta didik tersebut mendaftarkan diri ke sekolah sampai menyelesaikan studi di sekolah tersebut. Manajemen Pembinaan peserta didik di MTsN 3 Jombang dan SMPN 3 Peterongan Jombang berada dalam bingkai sistem pendidikan pesantren yang didalamnya terdapat syarat akan nilai-nilai keagamaan serta tradisi-tradisi pesantren yang telah menjadi kebiasaan peserta didik di lingkungan pesantren. Keunggulan yang lain bahwa kedua sekolah tersebut memiliki strategi dan program priotitas serta manjemen yang baik dalam pembinaan peserta didik dalam penguatan karakter spiritual sehingga para peserta didik dapat mencapai prestasi akademik dan non akademik baik tingkat Kabupaten, Provinsi, Nasional bahkan sampai internasional. Bertolak dari bangunan pemikiran di atas, penulis merasa terdorong untuk meneliti program manajemen pembinaan peserta didik dilembaga pendidikan yang berada dibawah naungan pesantren atau berbasis pesantren yakni di lembaga pendidikan MTsN 3 Jombang dan SMPN 3 Peterongan Jombang. Penelitian atas manajemen peserta didik tersebut penulis tuangkan dalam disertasi Berdasarkan latar belakang di atas, maka penulis tertarik untuk mengkaji satu topik pembahasan dengan judul “Manajemen Pembinaan Peserta Didik Dalam Penguatan Karakter Religius Pada Lembaga Pendidikan Berbasis Pondok Pesantren (Studi Multi Kasus di MTs Negeri 3 Jombang dan SMP Negeri 3 Peterongan Jombang).” Penelitian ini berupaya untuk menganalisis dan menemukan, 1). Pembinaan Kedisiplinan Peserta Didik Dalam Penguatan Karakter Religius Pada Lembaga Pendidikan Berbasis Pondok Pesantren di MTs Negeri 3 Jombang dan SMP Negeri 3 Peterongan Jombang., 2). Pembinaan Akademik Peserta Didik Dalam Penguatan Karakter Religius Pada Lembaga Pendidikan Berbasis Pondok Pesantren di MTs Negeri 3 Jombang dan SMP Negeri 3 Peterongan Jombang 3). Pembinaan Ektrakurikuler Peserta Didik Dalam Penguatan Karakter Religius Pada Lembaga Pendidikan Berbasis Pondok Pesantren di MTs Negeri 3 Jombang dan SMP Negeri 3 Peterongan Jombang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis studi kasus dengan rancangan multikasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi partisipan dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Myles Huberman dari reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Data dianalisis dari data kasus tunggal dan lintas kasus. Uji keabsahan data melalui kridibilitas, transferabilitas, dependabilitas dan konfirmabilitas. Hasil penelitian menunjukkan 1). Pembinaan kedisiplinan peserta didik dijalankan oleh MTs Negeri 3 Jombang dan SMP Negeri 3 Peterongan Jombang dengan menjalankan: Peraturan yang terdapat di sekolah, Hukuman untuk pelanggaran peraturan, Penghargaan untuk perilaku yang baik, konsistensi dalam peraturan terhadap peserta didik., 2). Pembinaan akademik peserta didik MTs Negeri 3 Jombang dan SMP Negeri 3 Peterongan Jombang dengan melalui: Remedial teaching terhadap peserta didik dan Program pengayaan (Enrichment) terhadap peserta didik. 3). Pembinaan ektrakurikuler peserta didik MTs Negeri 3 Jombang dan SMP Negeri 3 Peterongan Jombang dilaksanakan dengan: Memperdalam dan memperluas pengetahuan peserta didik, Melengkapi upaya pembinaan, Pemantapan dan pembentukan nilai-nilai kepribadian para siswa, Membina serta meningkatkan bakat, minat dan keterampilan peserta didik. Temuan formal penelitian ini adalah melengkapi atau menambahkan teori Manajemen Peserta Didik Arikunto yang didalamnya tidak mencantumkan secara eksplisit tentang Faith Development yang terdapat dalam Manajemen Peserta Didik. Teori Manajemen Peserta Didik yang dikembangkan oleh Arikunto memiliki kekurangan dalam satu poin dimensi Manajemen Peserta Didik yaitu Faith Development. Sehingga dimensi Manajemen Peserta Didik menurut peneliti menjadi 4 yaitu Discipline, Academic, Exstrakurikuler and Faith Development.
Item Type: | Disertasi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah Manajemen > Pendidikan Islam Pendidikan Islam > Pondok pesantren |
Divisions: | Pascasarjana > Disertasi > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | 12501185045 Didin Sirojudin |
Date Deposited: | 17 Oct 2022 06:18 |
Last Modified: | 17 Oct 2022 06:18 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/31210 |
Actions (login required)
View Item |