THE EFFECTIVENESS OF USING GRAPHIC ORGANIZER IN STUDENTS’ SKILL OF WRITING NARRATIVE TEXT AT FIRST GRADE OF SMAN 2 TRENGGALEK

HILDANDY ANDIKA INDRACAHYA, 12203173207 (2022) THE EFFECTIVENESS OF USING GRAPHIC ORGANIZER IN STUDENTS’ SKILL OF WRITING NARRATIVE TEXT AT FIRST GRADE OF SMAN 2 TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (171kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (292kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (208kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (124kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (125kB) | Preview

Abstract

Indracahya, Hildandy Andika. NIM. 12203173207. 2022. Keektifan Penggunaan Graphic Organizer dalam Keterampilan Menulis Teks Narasi Siswa Kelas 1 SMAN 2 Trenggalek. Tesis. Departemen Pendidikan Bahasa Inggris. Fakultas Tarbiyah dan Pendidikan Guru. Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing: Dr. H. Nursamsu, S.Pd.I, M.Pd. Kata kunci: Efektifitas, Graphic Organizer, Penulisan, Teks Narasi Keterampilan menulis merupakan kemampuan utama yang membantu penulis untuk mengungkapkan perasaannya. menjadi kata-kata dalam bentuk yang bermakna dan secara mental berinteraksi dengan pesan. Dalam menulis, siswa mengalami kesulitan dalam hal isi, kosa kata, organisasi, dan aspek lainnya. Kini, media membantu siswa belajar keterampilan menulis, salah satunya adalah Graphic Organizer. Graphic Organizer merupakan media pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa untuk membuat kalimat yang baik dan dapat membuat pembelajaran siswa lebih menyenangkan, menarik dan tidak mudah bosan untuk belajar menulis khususnya teks naratif. Dalam hal ini, peneliti ingin mengetahui pengaruh penggunaan graphic organizers terhadap keterampilan menulis teks naratif siswa. Rumusan masalah penelitian: Apakah ada perbedaan skor yang signifikan antara keterampilan menulis teks naratif siswa sebelum dan sesudah diajar dengan menggunakan Graphic Organizer di kelas I SMAN 2 Trenggalek?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan penggunaan Graphic Organizer dalam keterampilan menulis teks naratif siswa kelas I SMAN 2 Trenggalek. Desain penelitian dalam penelitian ini adalah pre-experimental design by one group pre-test and post-test. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas I SMAN 2 Trenggalek. Sampel terdiri dari siswa kelas X IPS 3 sebanyak 20 siswa dengan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian ini adalah tes, yaitu pretest dan post-test. Peneliti menggunakan rumus Paired Sample T-test melalui SPSS 26 sebagai teknik analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata post-test lebih tinggi daripada rata-rata pre-test. Rata rata post-test adalah 72,50 dan rata rata pre-test adalah 63,00. Selain itu, hasil perhitungan statistik menggunakan Paired Sample Ttest dengan SPSS 26 menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000. Artinya nilai signifikan lebih kecil dari taraf signifikan (0,000 < 0,05). Hasil nilai signifikan menunjukkan bahwa hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif diterima. Dapat diasumsikan bahwa terdapat perbedaan skor yang signifikan antara keterampilan menulis teks naratif siswa sebelum dan sesudah diajar dengan menggunakan Graphic organizer di kelas X SMAN 2 Trenggalek.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Inggris
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Inggris
Depositing User: S1 12203173207 Hildandy Andika Indracahya
Date Deposited: 21 Oct 2022 07:13
Last Modified: 21 Oct 2022 07:13
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/31224

Actions (login required)

View Item View Item