FERRY AGUSTIAN, 12204173143 (2022) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI SPLDV DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN EKSTROVERT DAN INTROVERT DI SMKN 1 TRENGGALEK. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (796kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (487kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (343kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (458kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (630kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (501kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (205kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (434kB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X dalam Memecahkan Masalah Matematika pada Materi SPLDV Ditinjau dari Tipe Kepribadian Ekstrovert dan Introvert di SMKN 1 Trenggalek” ini ditulis oleh Ferry Agustian, NIM. 12204173143, dengan dosen pembimbing Beni Asyhar, S.Si., M.Pd. Kata Kunci: Berpikir kritis, pemecahan masalah, tipe kepribadian Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keadaan dalam pembelajaran dimana siswa yang terus dilatih untuk berpikir dan memecahkan masalah pada hampir di setiap materi dalam pembelajaran matematika. Dan kemampuan berpikir kritis memiliki peran penting dalam setiap proses pemecahan masalah. Dengan memiliki kemampuan berpikir kritis, seseorang bisa menemukan suatu jalan keluar dari permasalahan yang ada. Selain itu proses berpikir, juga berbeda tergantung pada masing-masing individu, yang salah salah satunya dipengaruhi oleh kepribadiannya. Oleh karena itu penelitian ini mengangkat tema kemampuan berpikir kritis dalam memecahkan masalah yang ditinjau dari tipe kepribadian ekstrovert dan introvert. Tujuan dari penelitian ini adalah:Untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa dengan kepribadian ekstrovert dalam memecahkan masalah matematika materi SPLDV. Dan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa dengan kepribadian introvert dalam memecahkan masalah matematika materi SPLDV. Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian studi kasus. Pemilihan subjek berdasarkan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi angket, tes tulis, dan wawancara. Pengambilan data dimulai dengan menyebarkan angket kepribadian dan tes kemampuan berpikir kritis. Dari hasil angket dan tes, siswa dikelompokkan menjadi kategori ekstrovert (atas, sedang, rendah) dan introvert (atas, sedang, rendah) yang diwakili 1 subjek dari setiap kelompok (total 6). Dari ke-6 subjek kemudian dilakukan proses wawancara yang berkaitan dengan hasil tes kemampuan berpikir kritis yang telah dikerjakan. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa, kemampuan berpikir kritis siswa dengan kepribadian ekstrovert dalam memecahkan masalah matematika materi SPLDV yaitu: Pertama dari ekstrovert, subjek pertama memenuhi; identify, determine, analyze, dan self correct. Pada subjek kedua, siswa ekstrovert memenuhi; enummerate, analyze, dan self correct. Dan dari subjek ketiga, siswa ekstrovert memenuhi; langkah enummerate. Selanjutnya dari kelompok kepribadian introvert subjek pertama, siswa memenuhi; identify, determine, enummerate, analyze, dan self correct. Dan untuk subjek kedua, siswa Introvert memenuhi; enummerate, analyze, dan self correct. Sedangkan introvert subjek ketiga memenuhi; enummerate dan self correct.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika Matematika > Variabel |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 12204173143 Ferry Agustian |
Date Deposited: | 14 Nov 2022 04:42 |
Last Modified: | 14 Nov 2022 04:42 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/31410 |
Actions (login required)
View Item |