MUH. NASRUL BAIHAQI, 12508174020 (2022) ANALISIS STRATEGI BAURAN PEMASARAN PEMBIAYAAN MUSYARAKAH DALAM MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH (Study Baitul Mal Wat Tamwil Sahara dan Baitul Mal Wat Tamwil Pahlawan Tulungagung). [ Thesis ]
|
Text
COVER.pdf Download (491kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (297kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (189kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (619kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (404kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (460kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (349kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (299kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (410kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Tesis dengan judul “Analisis Strategi Bauran Pemasaran Pembiayaan Musyarakah dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah (Study pada Baitul Mal Wat Tamwil Sahara dan Baitul Mal Wat Tamwil Pahlawan Tulungagung)” ini ditulis oleh Muh. Nasrul Baihaqi dengan nomor induk mahasiswa (NIM) 12508174020, Prodi Ekonomi Syariah Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. Pembimbing Dr. H. Mashudi ,M, Pd.I dan Dr. Mochamad Arif Faizin, M.Ag. Tesis ini dilatarbelakangi oleh situasi perkembangan perbankan saat ini yang sangat pesat. Sehingga banyaknya persaingan antar lembaga keuangan khususnya BMT dalam memikat konsumen sehingga bisa meningkatkan jumlah anggota/nasabahnya. Dan salah satu caranya adalah dengan menerapkan strategi bauran pemasaran. Strategi bauran pemasaran harus dilakukan dengan efektif sehingga penjualan dapat meningkat. Kegiatan pemasaran umumnya memfokuskan diri pada produk, penetapan harga, kebijakan ditribusi/tempat, dan cara promosi yang dalam hal ini dikenal sebagai bauran pemasaran. Aktivitas bauran pemasaran memegang peranan penting bagi kelangsungan hidup suatu perusahaan. Fokus dalam penelitian ini adalah (1) Mengetahui bagaimana strategi bauran pemasaran pada Pembiayaan Musyarakah dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah, (2) Mengetahui bagaimana kendala-kendala yang ada dalam pelaksanaan bauran pemasaran pembiayaan musyarakah dalam meningkatkan jumlah nasabah, (3) Mengetahui bagaimana solusi dari kendala-kendala yang di hadapai dalam pelaksanaan strategi bauran pemasaran pembiayaan musyarakah dalam meningkatkan jumlah nasabah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Data sekunder yang digunakan berupa buku-buku referensi yang telah ada. Metode pengumpulan data adalah wawancara, dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1)strategi pemasaran yang dilakukan adalah produk, Tempat (Place) dan promosi, Orang (people), Bukti fisik (physical evidence);(2)kendala-kendala yang ada dalam pelaksanaan bauran pemasaran adalah Kurangnya pemahaman masyarakat akan prinsip syariah. Kemudian, kurangnya SDM yang mumpuni, Adanya unsur ketidakpercayaan masyarakat terhadap kinerja BMT;(3)Solusi dari kendala-kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan strategi bauran pemasaran adalah dengan Peningkatan sumber daya manusia pada BMT dilaksanakan dengan pelatihan meningkatkan etos kerja, kemampuan, profesionalitas, kinerja karyawan dan meningkatkan sosialisasi kepada msyarakat. Kata Kunci : Strategi Bauran Pemasaran, pembiayaan musyarakah, jumlah nasabah
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Ekonomi > Musyarakah Ekonomi > Ekonomi Syariah |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | M.E 12508174020 MUH. NASRUL BAIHAQI |
Date Deposited: | 08 Nov 2022 01:28 |
Last Modified: | 08 Nov 2022 01:28 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/31420 |
Actions (login required)
View Item |