Pengaruh Strategi Pembelajaran Active Learning Tipe Team Quiz terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Islam Durenan

Roziqin, Bahrur (2014) Pengaruh Strategi Pembelajaran Active Learning Tipe Team Quiz terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Islam Durenan. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
1.Sampul Luar.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.Bagian Awal lengkap.pdf

Download (569kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (370kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (571kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (362kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (453kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bagian Utama Lengkap.pdf

Download (902kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (137kB) | Preview
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kata kunci: Strategi Pembelajaran Active Learning Tipe Team Quiz, Hasil belajar matematika. Pembelajaran matematika saat ini masih terdapat guru yang menggunakan strategi pembelajaran konvensional, yakni masih menggunakan pendekatan yang berpusat pada guru, seperti halnya ceramah. Akibatnya keaktifan dan juga peran dari siswa dalam pembelajaran dikelas tidaklah nampak. Berkaitan dengan masalah ini, maka diperlukan suatu upaya yang nyata untuk menggunakan strategi pembelajaran yang dapat memberikan kesempatan siswa untuk lebih aktif dalam setiap kali proses pembelajaran. Salah satu strategi pembelajaran yang dapat menjadikan siswa menjadi aktif adalah Strategi Pembelajaran Active Learning Tipe Team Quiz. Dalam strategi ini siswa dilibatkan secara terus menerus, baik mental maupun fisik. Siswa harus menggunakan otak, mengkaji gagasan, memecahkan masalah, dan menerapkan apa yang mereka pelajari. Siswa bahkan sering meninggalkan tempat duduk mereka, bergerak leluasa dan berfikir keras (moving about dan thinking aloud). Pembelajaran aktif ini penuh semangat, hidup, giat, berkesinambungan, kuat dan efektif. Tujuan dalam penelitian ini adalah 1. Untuk mendeskripsikan penerapan Strategi Pembelajaran Active Learning Tipe Team Quiz pada pembelajaran matematika di kelas VIII SMP Islam Durenan. 2. Untuk mengetahui adanya pengaruh Strategi Pembelajaran Active Learning Tipe Team Quiz terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Islam Durenan. Dalam penelitian ini rancangan penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan jenis penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Islam Durenan tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 147 siswa. Sedangkan sampling yang digunakan menggunakan teknik pengambilan Cluster Random Sampling. Sehingga sampel yang digunakan adalah siswa kelas VIII A dan VIII D dengan jumlah siswa 71 orang. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data menggunakan post tes, wawancara, dan dokumentasi. Post tes digunakan untuk memperoleh data tentang hasil belajar matematika siswa SMP Islam Durenan yang digunakan sebagai sampel penelitian. Sedangkan teknik wawancara dan dokumentasi digunakan untuk memperoleh data mengenai keadaan pembelajaran matematika di sekolah, jumlah guru, karyawan dan siswa, dan tata letak bangunan sekolah. Setelah penulis mengadakan penelitian menggunakan metode di atas, selanjutnya penulis menganalisis data hasil penelitian dengan rumus Z-test. Sebelum menguji dengan Z-test terlebih dahulu melakukan uji prasyarat yaitu normalitas dan homogenitas. Setelah data dianalisis dapat dikatakan bahwa ada pengaruh yang signifikan Strategi Pembelajaran Active Learning Tipe Team Quiz terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Islam Durenan. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil perhitungan xehipotesis diperoleh nilai Zhitung= xvi 3,5062 kemudian nilai tersebut dibandingkan dengan nilai Ztabel = 1,64 pada taraf signifikansi 5%. Dengan demikian Zhitung > Ztabel, sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, yang berarti bahwa terdapat perbedaan hasil belajar matematika antara siswa yang diajar dengan Strategi Pembelajaran Active Learning Tipe Team Quiz dengan siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran konvensional. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa “Ada pengaruh Strategi Pembelajaran Active Learning Tipe Team Quiz terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Islam Durenan”. Saran yang dapat digali dalam penelitian ini adalah 1. Bagi Kepala Sekolah, diharapkan dapat membuat kebijakan-kebijakan yang dapat meningkatkan dan mengembangkan mutu pendidikan khususnya matematika sehingga dapat mencapai tujuan yang diharapkan. 2. Bagi guru matematika, diharapkan dari banyaknya strategi pembelajaran yang ada sekarang dapat dijadikan alternatif oleh guru untuk menjadikan siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran, sehingga akan berakibat pada peningkatan hasil belajar siswa. 3. Bagi siswa, diharapkan penelitian ini siswa dapat menjadi lebih tertarik dan termotivasi dalam melaksanakan proses pembelajaran, khususnya dalam pembelajaran matematika. 4. Bagi peneliti lain, diharapkan hasil penelitian ini dapat dijadikan referensi untuk melanjutkan dan mengembangkan penelitian selanjutnya.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 04 Dec 2014 07:00
Last Modified: 04 Dec 2014 07:00
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/316

Actions (login required)

View Item View Item