MARDIANA, 12201183256 (2023) PERAN GURU AQIDAH AKHLAK DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK KELAS 7 MTs NEGERI 5 TULUNGAGUNG TAHUN AKADEMIK 2022/2023. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (471kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (3MB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “ Peran Guru Aqidah Akhlak dalam Pembentukan Karakter Kedisiplinan Peserta Didik di MTsN 5 Tulungagung Tahun ajaran 2022/2023” ini ditulis oleh Mardiana , 12201183256 dan di bombing oleh Dr. Anissatul Mufarokah, S.Ag, M.Pd. Kata Kunci: Peran Guru Aqidah Akhlak, Pembentukan Karakter Kedisiplinan Konteks penelitian ini dimulai dengan sebuah fenomena peran guru dalam membentuk karakter kedisiplinan peserta didik. Dalam membentuk karakter kedisiplinan diperlukan peran guru untuk membimbing, memberi motivasi dan memberi contoh dalam membentuk karakter kedisiplinan terutama pada guru Aqidah Akhlak yang notabennya mengajari mengenai tingkah laku yang baik pada anak. Hal ini merupakan suatu yang menarik karena guru Aqidah Akhlak memberikan perannya dalam membentuk karakter kedisiplinan peserta didik di sela-sela mata pelajarannya. Fokus peneliti dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana Peran Guru Aqidah Akhlak dalam Pembentukan Karakter Kedisiplinan pada Aspek Ketaatan terhadap Tata Tertib peserta didik di MTsN 5 Tulungagung? (2) Bagaimana Peran Guru Aqidah Akhlak dalam Pembentukan Karakter Kedisiplinan pada Aspek Ketertiban terhadap Kegiatan Pembelajaran peserta didik di MTsN 5 Tulungagung? (3) Bagaimana Peran Guru Aqidah Akhlak dalam Pembentukan Karakter Kedisiplinan pada Aspek Ketetpatan terhadap Pelaksanaan Tugas peserta didik di MTsN 5 Tulungagung? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mendeskrpisikan peran guru Aqidah Akhlak dalam pembentukan karketer kedisiplinan terhadap aspek ketaatan terhadap tata tertib peserta didik di MTsN 5 Tulungagung. (2) untuk mendeskrpisikan peran guru Aqidah Akhlak dalam pembentukan karketer kedisiplinan terhadap aspek ketertiban terhadap kegiatan pembelajaran peserta didik di MTsN 5 Tulungagung. (3) untuk mendeskrpisikan peran guru Aqidah Akhlak dalam pembentukan karketer kedisiplinan terhadap aspek ketepatan terhadap pelaksanaan tugas peserta didik di MTsN 5 Tulungagung. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dan studi kasus. Peneliti hadir di lokasi MTsN 5 Tulungagung dan mengumpulkan data dengan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Selanjutnya peneliti menganalisis dengan teknik analisis data deskriptif dari Miles dan Huberman dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kemudian untuk mengecek keabsahan data dilakukan dengan teknik uji kredibilitas triangulasi sumber dan triangulasi metode, memperpanjang pengamatan, pemeriksaan teman sejawat dan ketekunan pengamatan Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa (1) peran guru Aqidah Akhlak dalam membentuk karakter kedisiplinan pada ketaatan terhadap tata tertib adalah (a) Sebagai pembimbing, guru memberikan arahan yang baik kepada peserta didik ketika melakukan kesalahan seperti datang terlambat, kurang lengkap dalam memakai atribut, berbicara kurang sopan terhadap guru, makan sambil berdiri, dan tidak menjaga kebersihan. (b)Sebagai teladan dan model, guru memberikan contoh yang baik kepada peserta didik, seperti datang ke sekolah tepat waktu, memakai seragam sesuai dengan jadwal yang ditentukan, sopan terhadap sesama guru apalagi dengan guru yang lebih tua, menjaga kebersihan diri dan lingkungannya. (2) peran guru Aqidah Akhlak dalam membentuk karakter kedisiplinan pada ketertiban terhadap kegiatan pembelajaran adalah (a)Sebagai pembimbing, guru mengarahkan siswanya untuk melakukan yang benar, seperti fokus pada materi yang diajarkan, fokus pada kegiatan pembelajaran, aktif dalam bertanya, tertib di kelas dengan tidak membuat gaduh di dalam kelas, tidak tidur saat dikelas, dan kemudian menjaga kebersihan kelas dengan menyuruh untuk menyapu kelas sebelum pembelajaran dan selesai pembelajaran. (b) Sebagai model dan teladan, guru mencontohkan untuk datang tepat waktu di kelas dan keluar dengan tepat waktu, kemudian tertib dalam menyampaikan materi sesuai dengan materi yang digunakan, dan juga mencontohkan menjaga kebersihan kelas. (3) peran guru Aqidah Akhlak dalam membentuk karakter kedisiplinan pada ketepatan terhadap pelaksanaan tugas adalah (a) Sebagai pembimbing, guru memberikan arahan kepada peserta didik dalam proses pelaksanaan tugas, memberitahu batas waktu dalam pengumpulan tugas, memberi arahan kepada siswa yang terlambat mengumpulkan tugas atau tidak masuk saat tugas dikumpulkan dan dipresentasikan dan juga kriteria penilaian dalam tugas.(b)Sebagai motivasi, guru memberikan semangat kepada peserta didik ketika maju kedepan untuk mempresentasikan hasil tugasnya, memberikan semangat untuk segara menyelesaikan tugas dengan tepat waktu, dan juga Ketika ada yang terlambat mengumpulkan di beri motivasi untuk segera menyelesaikan walaupun nilai yang akan didapat nanti berbeda. (c) Sebagai model dan teladan, guru aqidah akhlak mencontohkan dengan menilai dengan adil sesuai dengan hasil dan ketepatan waktu peserta didik, dan juga mengembalikan tepat waktu sesuai dengan yang dijadwalkan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah Pendidikan > Pendidikan Karakter Pendidikan > Peserta Didik |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S1 12201183256 MARDIANA |
Date Deposited: | 19 Jan 2023 02:38 |
Last Modified: | 19 Jan 2023 02:38 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/32083 |
Actions (login required)
View Item |