PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PPT DAN QUIZIZZ TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP KELAS VII DI SMPN 1 SUMBERGEMPOL

RIRIN AGUSTINE INDAH PERMATASARI, 12208183009 (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PPT DAN QUIZIZZ TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP KELAS VII DI SMPN 1 SUMBERGEMPOL. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (913kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (186kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (198kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (294kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (298kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (299kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (388kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (316kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (56kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (191kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Penggunaan Media PPT dan Quizizz Terhadap Minat dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Kelas VII di SMPN 1 Sumbergempol” ini ditulis oleh Ririn Agustine Indah Permatasari, Jurusan Tadris Biologi, NIM. 12208183009, dibimbing oleh Ivan Ashif Ardhana, M.Pd. Kata Kunci: Media PPT dan Quizizz, Minat Belajar, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya keterlibatan peserta didik dalam proses pembelajaran karena pembelajaran hanya berpusat di pendidik dan media pembelajaran menggunakan buku paket, sehingga membuat peserta didik merasa cepat bosan yang menyebabkan hasil belajar rendah. Oleh sebab itu, diperlukan media pembelajaran yang meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik. Maka peneliti menggunakan media pembelajaran PowerPoint dan Quizizz sebagai alternatif yang menyenangkan dalam proses pembelajaran IPA di kelas VII. Media pembelajaran PPT dan Quizizz salah satu media pembelajaran yang mampu meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan media PPT dan Quizizz terhadap minat belajar peserta didik pada materi klasifikasi makhluk hidup kelas VII di SMPN 1 Sumbergempol. (2) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan media PPT dan Quizizz terhadap hasil belajar peserta didik pada materi klasifikasi Makhluk Hidup kelas VII di SMPN 1 Sumbergempol. (3) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan media PPT dan Quizizz terhadap minat dan hasil belajar peserta didik pada materi klasifikasi makhluk hidup kelas VII di SMPN 1 Sumbergempol. Pendekatan penelitian yang digunakan adalan pendekatan kuantitatif dengan jenis eksperimen, desain penelitian yang digunakan adalah control group design. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII SMPN 1 Sumbergempol. Sampel penelitian yang digunakan adalah kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII D sebagai kelas kontrol. Teknik sampling menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data dilakukan dengan tes, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji T untuk menguji hipotesis 1 dan hipotesis 2, serta uji Manova untuk menguji hipotesis 3 dengan bantuan SPSS 25.0 for windows. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa (1) Terdapat pengaruh penggunaan media PPT dan Quizizz terhadap minat belajar peserta didik pada materi Klasifikasi Makhluk Hidup kelas VII di SMPN 1 Sumbergempol. Hal ini ditunjukkan dari nilai sig. (2-tailed) yang lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,007 < 0,05 yang berarti H1 diterima dan H0 ditolak. (2) Terdapat pengaruh penggunaan media PPT dan Quizizz terhadap hasil belajar peserta didik pada materi Klasifikasi Makhluk Hidup kelas VII di SMPN 1 Sumbergempol. Hal ini ditunjukkan dari nilai sig. (2-tailed) yang lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,000 < 0,05 yang berarti H1 diterima dan H0 ditolak. (3) Terdapat pengaruh penggunaan media PPT dan Quizizz terhadap minat dan hasil belajar peserta didik pada materi Klasifikasi Makhluk Hidup kelas VII di SMPN 1 Sumbergempol. Hal ini ditunjukkan dari nilai signifikansi dari uji Manova yang menunjukkan lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,000 < 0,05 yang berarti H1 diterima dan H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media PPT dan Quizizz berpengaruh positif terhadap minat dan hasil belajar peserta didik pada materi klasifikasi makhluk hidup.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan
Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: 12208183009 Ririn Agustine Indah Permatasari
Date Deposited: 11 Jan 2023 03:44
Last Modified: 11 Jan 2023 03:44
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/32090

Actions (login required)

View Item View Item