PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN METODE MIND MAP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH (Studi Multi Situs di MIN Kanigoro Kras Kediri dan MI Tarbiyatul Islam Jemekan Ringinrejo Kediri)

Afisah Rosyidah, 2845134002 (2015) PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN METODE MIND MAP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH (Studi Multi Situs di MIN Kanigoro Kras Kediri dan MI Tarbiyatul Islam Jemekan Ringinrejo Kediri). [ Thesis ]

[img] Text
BAB I.docx

Download (47kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (78kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (53kB)
[img] Text
BAB IV.docx

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (33kB)
[img] Text
BAB VI.docx

Download (29kB)
[img] Text
BIODATA PENULIS.docx

Download (21kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.docx

Download (34kB)

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “Pembelajaran Bahasa Arab Dengan Metode Mind Map Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah (Studi Multi Situs di MIN Kanigoro Kras Kediri dan MI Tarbiyatul Islam Jemekan Ringinrejo Kediri)” ini ditulis oleh Afisah Rosyidah dibimbing oleh Dr. H. Munardji, M.Ag, dan Dr. H. Nur Efendi, M.Ag Kata Kunci: Pembelajaran Bahasa Arab, Metode Mind Map, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa pembelajaran bahasa Arab dirasakan bagi para siswa adalah pelajaran yang sangat menakutkan dan menjenuhkan, hal itu disebabkan karena belajar bahasa merupakan upaya untuk membangun situasi dan kondisi baru dalam diri seseorang untuk dapat berinteraksi dan berkomunikasi dengan pemilik bahasa tersebut. Yang demikian ini dari rata-rata hasil belajar siswa yang masih rendah. Rendahnya hasil belajar salah satunya disebabkan model dan metode pembelajaran guru kurang kreatif, suasana yang kurang mendukung dan menyenangkan. Untuk itu agar pembelajaran bahasa Arab dapat diterima dengan tepat dan menyenangkan, maka perlu menggunakan metode yang sesuai, diantaranya dengan pembelajaran yang inovatif dengan metode mind map (peta pikiran). Metode mind map ini dapat membantu siswa dan guru dalam proses pembelajaran di kelas dengan meringkas materi-materi pelajaran, sehingga lebih mudah dapat dipelajari dan diingat oleh siswa. Sehingga dengan metode mind map dalam pembelajaran bahasa Arab hasil belajar siswa dapat neningkat. Masalah umum penelitian ini adalah pembelajaran dengan metode mind map untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah di MIN Kaanigoro dan MI tarbiyatul Islam Ringinrejo Kediri. Secara rinci, penelitian ini difokuskan pada 4 hal yaitu: (1) Bagaimana penerapan metode mind map dalam pembelajaran bahasa Arab kelas V?, (2) Apakah metode mind map memberikan kontribusi pada pembelajaran bahasa Arab kelas V?, (3) Bagaimana respon siswa terhadap penerapan metode mind map pada pembelajaran bahasa Arab kelas V?, (4) Bagaimanakah hasil belajar siswa setelah penerapan metode mind map pada pembelajaran bahasa Arab kelas V?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitian lapangan dengan rancangan studi multi situs. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi non partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dengan cara keterpercayaaan dengan trianggulasi, pembahasan sejawat, dan memperpanjang keikutsertaan. Dengan keteralihan, ketergantungan dan kepastian data. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Penerapan pembelajaran bahasa Arab untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V di MIN Kanigoro dan MI Tarbiyatul Islam adalah dengan (a) Menyusun perencanaan pembelajaran, (b) Persiapan yang meliputi analisis materi yang akan dipetakan dan mengkaji kesesuaian metode dengan tujuan yang akan dicapai, (c) Pelaksanaan dengan menjelaskan tentang instruksi dan pemetaan setelah materi disampaikan, (d) tindak lanjut pemakaian metode mind map dengan dipresentasikan. 2) Kontribusi penerapan metode mind map dalam pembelajaran bahasa Arab di MIN Kanigoro dan MI Tarbiyatul Islam adalah dapat memperlancar dan mempermudah proses pembelajaran dan penyampaian materi kepada siswa, dapat menumbuhkan kreativitas siswa, dapat membentuk sikap kerja yang tinggi antar siswa, dan kelas menjadi tertib. 3) Respon siswa terhadap penerapan metode mind map dalam pembelajaran bahasa Arab di MIN Kanigoro dan MI Tarbiyatul Islam yaitu siswa sangat antusias dengan mempelajari bahasa Arab dengan cara memetakan, siswa lebih aktif dan mereka tidak merasa bosan. 4) Hasil belajar siswa setelah penerapan metode mind map pada pembelajaran bahasa Arab di MIN Kanigoro dan MI Tarbiyatul Islam yang dlakukan guru bahasa Arab membuahkan hasil. Nilai rata-rata mata pelajaran bahasa Arab menunjukkan di atas nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Dengan demikian pembelajaran bahasa Arab dengan metode mind map dapat digunakan sebagai upaya meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Ilmu Pendidikan Dasar Islam
Depositing User: 2845134002 rosyidah
Date Deposited: 11 Feb 2016 06:47
Last Modified: 11 Feb 2016 06:47
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3217

Actions (login required)

View Item View Item