PERILAKU PEDAGANG DALAM MELAYANI PEMBELI DALAM JUMLAH SEDIKIT DITINJAU DARI ETIKA BISNIS ISLAM (Studi Kasus pada Sentra Tahu Srini di Desa Nglongsor Kecamatan Tugu Kabupaten Trenggalek)

FIKA NGILIATUZ ZULFA, 12101173013 (2023) PERILAKU PEDAGANG DALAM MELAYANI PEMBELI DALAM JUMLAH SEDIKIT DITINJAU DARI ETIKA BISNIS ISLAM (Studi Kasus pada Sentra Tahu Srini di Desa Nglongsor Kecamatan Tugu Kabupaten Trenggalek). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (5MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
DAFTRA PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Fika Ngiliatuz Zulfa, 12101173013, Perilaku Pedagang dalam Melayani Pembeli dalam Jumlah Sedikit Ditinjau Dari Etika Bisnis Islam(Studi Kasus pada Sentra Tahu Srini Desa Nglongsor Kecamatan Tugu Kabupaten Trenggalek), Jurusan Hukum Ekonomi Syariah, Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum, UIN Tulungagung, 2021, Pembimbing: Mukhamad Sukur, M.Pd.I. Kata Kunci: Perilaku, Pedagang, Melayani, Etika Bisnis Islam Penulisan ini pada dasarnya di latar belakangi keingintahuan penulis atas perilaku pedagang dalam melayani pembeli dalam jumlah sedikit di Desa Nglongsor Kecamatan Tugu Kabupaten Trenggalek. Islam memang menghalalkan usaha perdagangan dan bisnis. Akan tetapi tentu saja dalam menjalankan bisnis di perlukan etika. Agar mendapat manfaat, berkah dan Ridha Allah SWT. di dunia maupun di akhirat. Fokus penulisan dalam kajian ini adalah: 1)Bagaimana praktik perilaku pedagang dalam melayani pembeli dalam jumlah sedikit pada Sentra Tahu Srini di desa Nglongsor Kecamatan Tugu Kabupaten Trenggalek? 2) Bagaimana tinjauan Etika Bisnis Islam terkait perilaku pedagang dalam melayani pembeli dalam jumlah sedikit pada Sentra Tahu Srini?. Adapun yang menjadi tujuan dari penulisan ini adalah: 1) Untuk mengetahui dan menjelaskan praktik perilaku pedagang dalam melayani pembeli dalam jumlah sedikit pada Sentra Tahu Srini di desa Nglongsor Kecamatan Tugu Kabupaten Trenggalek. 2)Untuk mengetahui dan menjelaskan tinjauan Etika Bisnis Islam terkait perilaku pedagang dalam melayani pembeli dalam jumlah sedikit pada Sentra Tahu Srini. Metode penulisan yang digunakan penulis adalah metode penulisan kualitatif dan jenis penulisan lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penulisan ini berupa observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penulisan ini menunjukkan bahwa: 1) pelaku usaha tahu dalam memasarkan usahanya sangat memprioritaskan kualitas produk yang dihasilkan. Selain itu untuk meningkatkan keberhasilan usahanya, selalu memenuhi kebutuhan konsumen. 2) berdasarkan hasil analisis, tinjauan etika bisnis islam terhadap perilaku pedagang kepada konsumen, yang tidak ramah dan berkata tidak etis ketika pembelian dalam jumlah sedikit. Merupakan perilaku yang tidak baik dan berakhlak mulia.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Customer
Ekonomi > Etika Bisnis
Ekonomi > Kinerja
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: S1 12101173013 FIKA NGILIATUZ ZULFA
Date Deposited: 16 Jan 2023 03:12
Last Modified: 16 Jan 2023 03:12
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/32204

Actions (login required)

View Item View Item