PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GI (GROUP INVESTIGATION) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATERI INTERAKSI ANTAR MAKHLUK HIDUP DAN LINGKUNGAN DI MTSN 10 BLITAR

LAILI MAESAROH, 12208183137 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GI (GROUP INVESTIGATION) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATERI INTERAKSI ANTAR MAKHLUK HIDUP DAN LINGKUNGAN DI MTSN 10 BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (691kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (239kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (496kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (561kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (656kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (628kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (487kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (460kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (355kB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu faktor yang menentukan kualitas kehidupan bangsa. Kualitas bangsa Indonesia tersebut dihasilkan melalui penyelenggaraan pendidikan yang bermutu. Pendidikan memiliki peranan penting untuk menciptakan kehidupan bangsa yang cerdas, damai, terbuka, dan demokratis. Melalui pendidikan seseorang akan mendapatkan ilmu pengetahuan. Salah satu tujuan pendidikan adalah membahas pengetahuan dan ketrampilan yang dilakukan dari satu generasi ke generasi berikutnya. Permasalahan umum di dalam pembelajaran IPA di SMP yang sering ditemui adalah kurangnya minat siswa dalam mengikuti pembelajaran, berdasarkan hasil wawancara terbatas menunjukan sebagian besar siswa mengatakan bahwa mata pelajaran IPA memiliki konsep yang susah difahami dan banyaknya rumus metematis. Hal itu dapat disebabkan kurangnya kreatifitas guru dalam mengemas materi ajar sehingga siswa mudah merasa bosan dalam proses pembelajaran. Selain itu, pemilihan model pembelajaran yang kurang tepat juga dapat mempengaruhi hasil belajar dan aktifitas belajar siswa. Siswa mengungkapkan bahwa banyak sekali informasi yang harus diterima dan diolah oleh siswa. Penelitian ini bertujuan 1) untuk mengetahui penerapan model pembelajaran GI (group investigation) terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada Materi Interaksi Antar Makhluk Hidup dan Lingkungan di MTsN 10 Blitar. 2) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran GI (group investigation) terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada Materi Interaksi Antar Makhluk Hidup dan Lingkungan di MTsN 10 Blitar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif-eksperimen dimana terdapat dua kelas yang diberi perlakuan berbeda, yakni untuk kelas eksperimen kegiatan belajar mengajar menggunakan model pembelajaran GI (Group Investigation). Sedangkan kelas kontrol kegiatan belajar mengajar menggunakan model pembelajaran konvensional. Uji validitas dilakukan oleh 2 dosen biologi dan 1 guru IPA MTsN 10 Blitar sebagai ahli materi, dan ahli media. Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa 1) Penerapan model pembelajaran GI (group investigation) terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada Materi Interaksi Antar Makhluk Hidup dan Lingkungan di MTsN 10 Blitar. Hal ini ditujukkan pembelajaran GI dilakukan sebanyak empat pertemuan dengan sintaks/langkah-langkah yaitu mengidentifikasi topik dan mengatur peserta didik ke dalam kelompok, merencanakan tugas yang akan dipelajari, melaksanakan investigasi, menyiapkan laporan akhir, mempersentasikan laporan akhir, evaluasi. 2) Pengaruh model pembelajaran GI (group investigation) terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada Materi Interaksi Antar Makhluk Hidup dan Lingkungan di MTsN 10 Blitar. Hal ini ditujukkan dengan adanya perbedaan yang signifikan antara thitung dan ttabel yang diperoleh dari perhitungan yaitu thitung sebesar 3,937 dan ttabel =2,042, sehingga thitung > ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima dengan kesimpulan terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran GI (group investigation) terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada materi interaksi antar makhluk hidup dan lingkungannya. Besar pengaruh penggunaan model pembelajaran GI (Group Investigation) terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada materi interaksi antar makhluk hidup dan lingkungannya.sebesar 1,00 dimana tabel kriteria effect size nilai cohen’s menunjukkan bahwa nilai 1,00 tergolong besar dengan persentase 84%.

Item Type: Skripsi
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: 12208183137 LAILI MAESAROH
Date Deposited: 16 Jan 2023 03:57
Last Modified: 16 Jan 2023 03:57
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/32226

Actions (login required)

View Item View Item